Sedang Berulang Tahun, Berikut Kisah Unik Masa Kecil Jokowi, dari Digusur Hingga Makan Arang!

REKANBOLA – Presiden Jokowi berulang tahun ke-58 hari ini
Tepat hari ini, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo merayakan hari ulang tahunnya yang ke-58. Dilansir dari Detik, Presiden Jokowi memang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni tahun 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi.

Kisah hidup Presiden Jokowi memang terbilang cukup unik. Ia adalah anak sulung dari empat bersaudara dan satu-satunya anak lelaki di keluarga itu. Kehidupan Jokowi kecil tidaklah mudah, dilansir dari Detik, Jokowi bercerita dirinya dulu pernah tinggal di bantaran Kali Anyar dan mengalami penggusuran.

“Tahun 1970-an, saya ingat betul, masih SD, entah kelas II atau kelas III, rumah saya di pinggir kali digusur. Brrrrrt. Ya kayak sekian tahun pembangunan kan senangnya gusur seperti itu. Ya digusur. Dan tidak diberi ganti rugi, tidak diberi solusi, sehingga kami sekeluarga tinggal di tempat kakak ibu saya mungkin selama 1,5 tahun di situ,” ucap Jokowi di acara peluncuran buku ‘Jokowi Menuju Cahaya’.

Akibat penggusuran itu ia harus menetap selama dua tahun di rumah Pamannya. Pengalaman ini membuat keluarganya sangat terpukul dan bekerja lebih giat agar tidak terusir lagi dari tempat tinggalnya.

Dilansir dari Liputan6, Ayah Jokowi pun beralih profesi sebagai sopir angkot dan Ibunya berdagang kayu dan bambu di pasar dibantu oleh Jokowi kecil. Kehidupan ini yang kemudian menempa Jokowi hingga menjadi sosok yang kini kita kenal.

Beliau juga sempat menceritakan saat-saat kehidupannya mulai membaik. Karena tahu Ibunya sudah memiliki uang, Jokowi kecil sering memanggil penjaja makanan yang lewat dan membuat Ibunya harus membayar jajanan tersebut.

Baca Juga:   PKB Surabaya Bidik 3 Target, Menangkan Jokowi Hingga Wali Kota

Hingga suatu hari beliau salah memanggil pedagang arang. Ibunya langsung membelikan Jokowi kecil arang dan menyuruhnya untuk menghabiskan ‘jajanan’ tersebut.

Secara akademis, Jokowi menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Lulus di tahun 1985, ia lantas bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh. Merasa tak tertarik, beliau lantas memilih pulang ke Surakarta dan bekerja di pabrik mebel Kakeknya sebelum mendirikan perusahaannya sendiri PT Rakabu.

Setelah berkiprah cukup lama sebagai pengusaha kayu, Jokowi memutuskan terjun ke politik untuk membenahi tata kota kelahirannya itu. Ia berhasil menjadi Walikota di Solo selama dua periode dengan prestasi yang terbilang baik.

Kemudian beliau dicalonkan untuk menjadi orang nomor satu di DKI bersama wakilnya saat itu, Basuki Tjahaja Purnama atau kini kerap disebut dengan nama BTP. Hingga pada 2014 lalu ia memenangkan Pemilu sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Di hari ulang tahun beliau ini, tidak tampak adanya tanda-tanda perayaan. Sebelumnya beliau memang tak pernah terlihat merayakan hari jadinya tersebut. Dilansir dari Kompas, Ia justru beberapa kali kedapatan melewati hari jadinya dengan blusukan atau tinjauan lapangan.

Meski begitu, ucapan selamat ulang tahun bagi Presiden Jokowi mengalir deras di media massa seperti Twitter dan Instagram. Tagar HBDJokowi merajai trending di twitter pagi ini.

Jadi, selamat ulang tahun Presiden Jokowi!