Sederet Kasus Ledakan di Dalam Kabin Pesawat yang Menyita Perhatian

LIFESTYLE

Rekanbola – peristiwa mengejutkan tiba-tiba terjadi di dalam kabin pesawat China Southern Airlines yang menuju ke Shanghai. Pengisi daya portabel atau powerbank milik salah seorang penumpang tiba-tiba meledak lalu terbakar di dalam kompartemen di kabin pesawat.

Akibat peristiwa yang terjadi pada Minggu, 25 Februari 2018 tersebut, penumpang diarahkan untuk kembali keluar dari pesawat. Negara lainnya, seperti Indonesia pun mulai menerapkan aturan pembatasan kapasitas power bank yang dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat. Kementerian Perhubungan, akhirnya menyatakan penumpang pesawat hanya diizinkan untuk membawa powerbank yang berkapasitas tidak lebih dari 27ribu mAh atau 100 Wh dengan voltase 3,6-3,85 V.

BACA JUGA : Digugat Cerai Kalina Ocktaranny, Hendra Pasang Status Ini di Insta Story

 

Penerapan aturan tersebut tentunya bertujuan agar mencegah peristiwa kebakaran akibat meledaknya power bank atau gadget lainnya di dalam kabin pesawat. Sebelumnya, beberapa peristiwa serupa juga pernah terjadi. Simak ulasannya:

1. Pesawat Southwest Airlines

Hendak bertolak dari Louisville menuju ke Baltimore, Amerika Serikat, pesawat Southwest Airlines justru harus menunda penerbangannya, karena sebuah ponsel bermerek Samsung Galaxy Note 7 meledak sebelum pesawat lepas landas pada dua tahun lalu. Ponsel yang meledak itu menimbulkan asap, lalu penumpang lainnya diarahkan untuk keluar melalui pintu kabin utama.

2. Pesawat Alaska Air

Ponsel yang meledak di dalam kabin pesawat Alaska Air pada dua tahun lalu tersebut menambah deretan peristiwa kebakaran akibat telepon genggam. Saat itu yang menyebabkan suasana jadi panik adalah ponsel bermerek iPhone 6 milik salah seorang penumpang, yang masih duduk di bangku perkuliahan. Api awalnya muncul dari ponselnya, kemudian wanita tersebut melemparnya ke lantai dan jatuh ke bawah kursi penumpang lainnya, hingga api semakin meninggi.

Akibat kejadian mengejutkan itu, penumpang yang sedang berada di dalam pesawat pun sontak panik, padahal durasi pendaratan tinggal 90 menit lagi. Tidak ada peristiwa lanjutan dari kasus meledaknya iPhone tersebut, karena langsung bisa diatasi oleh para kru pesawat.

 

(Sumber : okezone.com)

Facebook Comments