Seekor ikan konsumsi ini terjual hingga Rp 8,5 miliar, wow

HokiJudi99 -Harga satu ekor ini benar-benar membuat semua orang geleng-geleng kepala karena bisa untuk membeli mobil mewah. Dalam sebuah lelang di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang pada Kamis (5/1), seekor tuna sirip biru seberat hampir 212 kg terjual seharga 74.200.000 Yen (sekitar Rp 8,57 miliar), dikutip dari huffingtonpost.com, Sabtu (7/1).

Ikan itu dibeli Kiyoshi Kimura, pemilik Kiyomura Co. Kimura selama ini dikenal beberapa kali mengikuti lelang ikan dengan harga yang mahal. Pada 2013 silam, ia pernah membeli tuna sirip biru seberat hampir 222 kg senilai USD 1,8 juta (setara lebih dari Rp 24 miliar).

Ikan tuna sirip biru seharga miliaran rupiah.

Selama ini lelang di Tsukiji dikenal sebagai tempat lelang dengan harga penawaran yang tinggi. Tradisi harga yang tinggi ini telah membuat publisitas pasar lelang ini semakin besar.

Kimura mengakui rela membeli ikan dengan harga yang mahal dengan harapan lelang tuna sirip biru bisa terus dilakukan di Jepang. Seperti diketahui, Negeri Matahari Terbit ini adalah konsumen terbesar tuna sirip biru, yakni sekitar 80 persen dari seluruh tuna sirip biru yang ditangkap di dunia. Di Jepang, tuna sirip biru dijadikan bahan utama pembuatan sushi.

Padahal, spesies tuna sirip biru sendiri tergolong terancam punah. Sebuah penilaian 2016 menunjukkan bahwa angka tuna sirip biru Pasifik telah menurun lebih dari 97 persen dan memiliki sedikit kesempatan untuk pulih.

Dengan penawaran yang sangat tinggi tersebut, kalangan aktivis konservasi khawatir bakal mendorong lebih banyak penangkapan tuna sirip biru. “Kami memiliki masalah overfishing cukup signifikan dengan tuna sirip biru,” kata Pew Environment Group, Lee Crockett.

Facebook Comments