Sejumlah Manfaat Kesehatan di Balik Manis Asam Rasa Acar

REKANBOLA – Acar merupakan salah satu pendamping makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Rasa yang dihadirkan oleh acar ini membuatnya kadang tak bisa dikesampingkan walau hanya menjadi tambahan.

Selain mampu meningkatkan rasa makanan, acar ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, Berikut sejumlah manfaat sehat yang bisa diperoleh dari acar.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Probiotik merupakan jenis bakteri yang ramah pada sistem pencernaan dan membantu kamu untuk memproses makanan. Acar yang telah difermentasi dengan garam membentuk bakteri probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Melawan Radikal Bebas

Acar biasanya terbuat dari buah dan sayuran segar tanpa dimasak sehingga tinggi dengan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Zat ini berguna untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya penyakit.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain meningkatkan pencernaan, bakteri probiotik juga mampu meningkatkan kesehatan mental kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan acar dapat meningkatkan fungsi otak, mempengaruhi suasana hati, dan menghilangkan kecemasan.

4. Mengandung Nutrisi Penting

Tak banyak yang tahu bahwa acar mengandung nutrisi penting di dalamnya. Pasalnya, acar yang terbuat dari sayuran dan buah segar mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan tentunya serat.

5. Meningkatkan Kesehatan Anak

Acar dengan basis cuka mampu meningkatkan kesehatan anak-anak secara keseluruhan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Penelitian menemukan bahwa acar mampu membantu melindungi buah hati kamu dari penyakit seperti flu dan demam.

6. Meningkatkan Kesehatan Janin

Karena seluruh organ penting janin tumbuh sejak di dalam kandungan, maka penting agar kesehatannya terjaga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan pencernaan buah hati sejak dini adalah dengan mengonsumsi acar semasa hamil sebab acar tinggi akan bakteri probiotik.

Baca Juga:   Kalau Tak Hati-hati, Mencuci Ayam Bisa Menyebarkan Bakteri Lho!

7. Melindungi Hati

Acar memiliki sifat hepatoprotektor yang dapat melindungi dan menjaga dari kerusakan hati. Di balik rasa lezat dan asam dari acar ini ternyata bisa melindungi kondisi hati.

Sejumlah manfaat kesehatan tak terduga itu ternyata bisa kita petik dari asam manisnya acar. Jadi sebaiknya jangan ragu untuk terus menikmati acar ini.