Selain hemat listrik, ini sejumlah kelebihan tiga produk rumah tangga inverter LG

REKANBOLA.COM – Menyambut hari raya Lebaran 2018, PT LG Electronics Indonesia menyiapkan serangkaian perangkat elektronik rumah tangga anyar dengan teknologi inverter yang membuatnya hemat listrik. Koleksi produk inverter ini mulai dari mesin cuci, kulkas, hingga oven microwave.

Winardi Cristian, Head of Product Marketing Home Appliances LG Electronics Indonesia, menjelaskan selain kelengkapan fitur, LG pun memastikan setiap koleksinya ini tersedia dalam rentang pilihan kapasitas yang luas untuk memudahkan calon penggunanya memilih sesuai dengan kebutuhannya.

Bergerak lebih maju dari sekadar inverter, LG merancang benar berbagai fitur di dalamnya yang memungkinkan terciptanya waktu berkualitas bagi keluarga, ujar Winardi dalam keterangan persnya pada Merdeka.com, Senin (28/5).

Berikut kelebihan beberapa perangkat rumah tangga berteknologi inverter ala LG, yang disarikan untuk Anda:

Mesin cuci Smart Inverter
LG menawarkan seri mesin cuci Smart Inverter. Masuk di kategori mesin cuci bukaan atas (top load), konsumsi daya listriknya lebih hemat hingga 36 persen dibandingkan produk sejenis. Tak sekadar klaim, pengujian dari lembaga riset industri global, VDE, menunjukkan mesin cuci LG Smart Inverter hanya membutuhkan daya 67 Wh untuk sekali pencucian dengan beban cuci 7,5 kilogram.

Kelebihan lainnya, mesin cuci ini memiliki nilai “Bersih, Hemat dan Awet”. Ketahanan pakai lebih lama pun menjadi upaya LG memberikan kenyamanan pengguna. Tak cuma perlindungan motor dari berbagai material penyebab korosi, LG menerapkan lapisan material Bulk Molding Compound (BMC) sebagai pelindung motornya. LG bahkan memberi garansi 10 tahun bagi motor mesin cuci LG Smart Inverter ini.

Tak sekadar hemat listrik, mesin cuci kami juga lebih bersih. Inilah yang menjadikan andal untuk mencuci sekaligus merawat berbagai bahan pakaian, ujar Winardi.

Baca Juga:   Pakai Ponsel Rawan Tersambar Petir, Benarkah?

Kulkas LG Linear Inverter
Di kategori kulkas, LG memberikan tawaran kulkas dua pintu seri LG Linear Inverter. Kata Linear merujuk pada penggunaan kompresor yang unik pada pengoperasiannya yang bertumpu pada satu tuas penggerak. Minimalnya gesekan antarbagian kompresor menjadi satu titik gesek dibanding kompresor konvensional yang memiliki empat bagian ini membuat kebutuhan energi, termasuk konsumsi listrik, menjadi lebih kecil.

Lebih dari itu, LG mengembangkannya khusus untuk menjawab tantangan besar penyimpanan makanan dalam kulkas yaitu penciptaan suhu stabil dan merata. Kedua hal tersebut memiliki derajat kebutuhan sama pentingnya di kulkas yang mempengaruhi kemampuannya dalam menyimpan makanan. Di satu sisi, fluktuasi suhu yang tinggi menyebabkan makanan lebih mudah menjadi tidak segar. Sementara, meski menjanjikan penyimpanan pada suhu dingin, pada kenyataannya tak seluruh bagian dalam lemari es memiliki tingkat suhu sama.

Berangkat dari situ, LG kemudian mengembangkan sistem pendinginan khusus bernama LINEAR Cooling. Keberadaan fitur ini membuat kompresor bergerak dengan kecepatan menyesuaikan kebutuhan untuk menjaga fluktuasi suhu dalam kabin kulkas hanya berada pada kisaran +/- 0,5C. Bila dibandingkan, kompresor cerdas ini menekan fluktuasi suhu dalam kulkas hingga 50 persen dibandingkan lemari es dengan kompresor konvensional.

Sementara kerja memastikan tiap sudut bagian dalam lemari es ini memiliki derajat suhu yang sama, dipercayakan LG pada keberadaan fitur LG DoorCooling+. Tersirat kuat pada namanya, fitur ini merupakan sistem pendinginan yang menambahkan sumber hembusan hawa dingin pada bagian dalam dari pintu lemari es. Hal ini membuatnya berbeda dengan kulkas yang biasa dijumpai sebelumnya yang memusatkan sumber embusan hawa dingin hanya terletak di tengah pada bagian dalam lemari es.

Baca Juga:   Makin Ditunggu, Fitur Apa Saja yang Akan Ada pada Vivo V9?

LG NeoChef
Dirancang sebagai jawaban atas kebutuhan keluarga untuk mengkonsumsi makanan sehat, LG menyiapkan oven microwave LG NeoChef. Istimewanya, selain kecepatan memasak, juga mampuan untuk mengkreasi lebih banyak jenis makanan dibanding microwave konvensional.

Pengembangan LG berbasis teknologi inverter membuatnya tak hanya mewarisi kemampuan hemat listrik, tapi juga memiliki fleksibilitas pada pengaturan suhu panas yang dibutuhkan saat proses pemasakan, ujar Winardi Cristian.

Di satu sisi, fleksibilitas pengaturan derajat panas ini memberi keuntungan pada penciptaan panas lebih merata pada saat proses menghangatkan kembali dan proses defrost. Hasilnya, tak akan ditemui lagi bahan makanan dari kulkas yang menjalani proses defrost di microwave masih membeku di bagian tengah.

Sementra di sisi lain, fleksibilitas pengaturan suhu panas ini dibuat dengan keleluasaan pengguna mengubah derajat panas di tengah proses memasak. Misalnya, proses pemasakan dimulai dengan tingkat daya panas tertentu, di tengah proses memasak, pengguna dapat menurunkan atau menaikkan daya panasnya.

Dengan demikian LG NeoChef dapat menangani rentang makanan lebih luas, seperti membuat yoghurt, melting chocolate atau sekadar membuat popcorn.

Perhatian LG pada kesehatan pun ditunjukkan dengan terapan lapisan khusus untuk memastikan bagian dalam tungku LG NeoChef terhindar dari berbagai material merugikan. Bertajuk lapisan Anti-Bacterial EasyClean, selain memiliki kemampuan mengeliminasi kemungkinan adanya bakteri hingga 99,99 persen, lapisan pelindung ini juga sangat mudah untuk dibersihkan.