Sembelit Saat Puasa? Teknik Akupresur Ini Mungkin Bisa Membantu

LIFESTYLE

Rekanbola – Sembelit dan susah buang air besar rentan terjadi saat puasa. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan serat dan cairan, serta adanya perubahan menu makanan yang membuat kinerja usus dan saluran cerna terganggu.

John Kirkwood dari The Acupressure Centre mengatakan tubuh memiliki ‘tombol BAB’. Fungsinya, membantu melancarkan pergerakan usus ketika sembelit menerpa.

“Letaknya ada sedikit di bawah pusar kita. Tak hanya untuk sembelit, memijat titik ini juga baik untuk meredakan diare, nyeri karena menstruasi hingga kembung,” ujarnya, dikutip dari Mirror.

Bagaimana cara memijat yang baik? John menyebut hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan titiknya terlebih dahulu.

Tombol BAB terletak di bawah pusar, dengan jarak selebar 2 jari Anda. Setelah itu, tekan secara perlahan selama 5 sampai 10 detik.

Jika terasa nyeri, coba atur ritme pernapasan Anda. Ulangi beberapa kali hingga 1 sampai 3 menit, dan jangan menekannya lebih dari 5 menit.

Perasaan ingin buang air akan segera Anda rasakan. Metode ini bisa dilakukan siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua.

“Titik ini menekan usus besar, sehingga tidak hanya membuatnya lebih cepat keluar, namun juga meredakan stres pada otot usus yang menahan BAB Anda,” tutupnya.

 

 

(Sumber : detik.com)

Facebook Comments