Sembelit, Seorang Wanita Hilang Ingatan Sehabis BAB

REKANBOLA – Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan masalah umum yang sering terjadi. Biasanya sembelit terjadi lantaran kurangnya makanan berserat hingga kurang minum air putih. Sembelit pun bisa menciptakan ketidaknyamanan lantaran membuat perut tidak enak.

Bukan hanya itu, ketika BAB, Anda pun perlu tenaga ekstra. Namun, berhati-hatilah bagi Anda yang sering mengalami sembelit. Seorang wanita di Hong Kong yang mengalami sembelit dilaporkan kehilangan lebih dari 10 tahun ingatannya setelah berusaha BAB terlalu keras saat berada di toilet.
Wanita yang tidak diketahui namanya itu lantas didiagnosis mengalami ‘gangguan mental’. Dilansir dari The China Post, Jumat, 31 Mei 2019, wanita malang tersebut mengalami kehilangan memori satu dekade hidupnya selama periode delapan jam setelah berjuang untuk bisa BAB.

Ingatannya kembali setelah menginap semalam di rumah sakit, meskipun wanita itu masih tidak dapat mengingat delapan jam setelah dirinya keluar dari toilet. Ahli saraf, Dr Peng Jiaxiong mengatakan bahwa wanita itu menderita ‘transient global amnesia’, suatu kondisi misterius yang mengakibatkan hilangnya ingatan secara mendadak.

“Secara teori, mungkin untuk menjelaskan seseorang kehilangan ingatan mereka sebagai akibat dari ketegangan yang berlebihan di toilet. Jika secara fisik mendorong tinja sangat keras, Anda dapat memotong suplai darah ke otak,” kata Sarah Jarvis.

Hal ini, kata Sarah bisa diibaratkan seperti ketika Anda mengangkat beban yang sangat berat.

“Kasus yang sangat langka ini bahkan dapat menyebabkan pendarahan di dalam otak, bahkan menyebabkan stroke,” ujarnya.

Namun, dokter mengatakan bahwa kehilangan ingatan yang signifikan jarang terjadi dan dia belum melihat kasus serupa dalam 30 tahun kariernya.

Baca Juga:   10 Ide desain balkon sempit rumahmu, jadi tempat asyik buat nongkrong