Serah terima Gubernur Sumsel diwarnai isak tangis anak buah Alex Noerdin

Rekanbola – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, melantik Hadi Prabowo sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan menggantikan Alex Noerdin. Alex mundur dari jabatannya karena maju sebagai calon DPR RI.

Pelantikan dan dilanjutkan dengan serahterima jabatan itu digelar di rumah dinas Gubernur Sumsel di Palembang, Jumat (21/9). Acara ini diwarnai dengan isak tangis anak buah Alex Noerdin.

Usai acara, para bupati, wali kota, kepala dinas, dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumsel berjabat tangan dengan Alex Noerdin yang memimpin provinsi itu selama dua periode. Nampak suasana haru mengiringi perpisahan jabatan itu. Mereka memeluk Alex Noerdin sambil menangis.

Di hadapan Mendagri, Alex Noerdin menyampaikan rasa bangganya karena telah menjadi bagian dalam memimpin Bumi Sriwijaya selama sepuluh tahun. Apalagi, Sumsel kini lebih maju dari daerah lain di Indonesia.

“Alhamdulillah, saya memimpin Sumsel dua periode dan periode kedua bersama pak Ishak Mekki,” ungkap Alex

Selama periode kedua, kata dia, atas nama pribadi dan Provinsi Sumsel meraih 142 penghargaan mulai dari presiden, lembaga pemerintah, dan organisasi besar, termasuk media. Puncaknya, Sumsel diberikan penghargaan tertinggi, yakni tuan rumah Asian Games Agustus 2018.

“Saya minta maaf jika masih ada kekurangan, dan meminta maaf kepada masyarakat Sumsel,” ujarnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan kesempatan kepada Hadi Prabowo yang sebelumnya menjabat Sekjen Kemendagri untuk melanjutkan program Pemprov Sumsel hingga pelantikan gubernur baru hasil pilkada serentak.

“Tugasnya meneruskan program dan menyiapkan pelantikan gubernur yang baru. Dan tentunya sama-sama memastikan pelaksanaan program strategis pemerintah pusat,” kata Tjahjo.

Baca Juga:   Mendagri minta PNS korupsi harus mundur