Shaqiri Sama Sekali Tak Takut Bertandang ke Markas Red Star Belgrade

Rekanbola – Pemain Liverpool, Xherdan Shaqiri meminta timnya untuk tak mencemaskan laga tandang ke markas Red Star Belgrade di Serbia pada matchday 4 Grup C Liga Champions 2018/19 dua pekan mendatang. Menurutnya, Liverpool pasti bisa mengatasi tekanan suporter tim Serbia itu.

Kamis (25/10) kemarin, Liverpool baru saja melindas Red Star dengan skor telak 4-0 di Anfield. Saat itu fan Red Star sebenarnya dilarang hadir di stadion, tetapi sepertinya ada beberapa yang berhasil lolos.

Shaqiri adalah korban cercaan fan Red Star mengingat dia berdarah Swiss. Hubungan Swiss dan Serbia memang tak baik karena urusan politik di masa silam. Besar kemungkinan Shaqiri akan mendapat sambutan keras fan Red Star begitu melawat ke markas mereka.

 

Sepak Bola Bukan Politik

Shaqiri mengaku tak cemas karena sudah mendapat pengalaman serupa di Piala Dunia 2018 lalu. Dia pun meyakini pertandingan sepak bola harus dipisahkan dengan urusan politik, hal ini membuatnya tetap tenang.

“Saya sudah pernah mengalami masalah ini di Piala Dunia jadi saya tahu saya bisa mengatasi ini tanpa kesulitan. Saya baru saja melihat beberapa artikel yang memuat satu pemain mengatakan sesuatu,” ungkap Shaqiri di Sky Sports.

“Saya tak benar-benar peduli dengan perkataan orang. Saya hanya pergi ke sana untuk memainkan pertandingan sepak bola. Ini bukan soal politik, ini soal sepak bola. Saya tak cemas dan siap bermain.”

 

Tak Bermain

Akhir bulan lalu, direktur umum Red Star, Zvezdan Terzic sebenarnya sudah menyinggung masalah ini. Menurutnya, ada baiknya jika Shaqiri memutuskan tidak bermain demi kebaikannya sendiri.

“Saya pikir Shaqiri akan berada dalam tekanan psikologis yang luar biasa karena dia tahu tempat apa yang dia datangi, dia tahu bahwa Red Star adalah simbol Serbia dan bermain di Marakana.”

Baca Juga:   Sinopsis Get Out: Film Horor dengan Sentuhan Humor

“Saya tidak tahu apakah dia akan bermain atau tidak,” tutupnya.

Bos Liverpool, Jurgen Klopp juga tak mau berkomentar sebelum mengambil keputusan: “Sejauh ini saya belum memikirkan soal itu [masalah Shaqiri] jadi mungkin lebih masuk akal jika saya berpikir dulu sebelum berkomentar.”