Silsilah Dinasti Kim, Keluarga Pemimpin Korea Utara

RekanBola.com – Kim Il-sung mendirikan Korea Utara setelah Perang Dunia II, 1948 silam. Setelah itu, keturunannya terus memimpin negara terisolasi itu hingga kini.

Kim Il-sung (tengah), menikah dengan istri pertamanya, Kim Jong-suk (kanan) dan melahirkan Kim Jong-il (kiri), yang kelak akan meneruskan kekuasaannya.

Menjabat sebagai pemimpin Korea Utara yang kedua pada 1994, Kim Jong-il dikenal sebagai “pemimpin kesayangan,” sementara ayahnya dikenal sebagai “sang pemimpin besar.”

Pos strategis pun diisi oleh keluarganya. Jang Song-taek, yang merupakan saudara ipar Kim, pernah menjabat sebagai anggota Komisi Nasional Pertahanan Korut

Namun orang yang dinilai sebagai orang kedua terkuat di Korut itu belakangan dieksekusi karena berkhianat. Walau demikian, istrinya, Kim Kyong-hui, tetap berada di lingkaran dalam rezim Kim.

Kim memang tak segan menghukum keras keluarganya sendiri. Selain Jang Song-taek, Li Il-nam yang merupakan sepupu mantan istrinya pun diincar karena membelot ke Korea Selatan.

Kekuasaan Kim Jong-il, semula sempat hendak diserahkan pada Kim Jong-nam, anak tertuanya dari istri yang tak dia nikahi secara resmi.

Namun, belakangan dia ditahan karena menggunakan paspor palsu. Kim Jong-il malu dan berubah pikiran. Awal pekan ini, Kim Jong-nam tewas dibunuh di Malaysia.

Sementara itu, anak Kedua Kim Jong-il, Kim Jong-chol, lebih tertarik pada musik ketimbang politik dan dianggap tidak mungkin meneruskan kepemimpinannya.

Karena itu, akhirnya kepemimpinan diserahkan kepada Kim Jong-un, yang dikenal di negaranya sebagai “pemimpin agung” dan tidak segan melawan kekuatan Barat.

 

Baca juga :

  1. Fakta sosok Siti Aisyah, WNI yang diduga membunuh Kim Jong-nam
  2. Ingat sama pasangan fenomenal ini? Kini mereka sudah punya bayi
  3. Pogba Bersaudara Bikin Roy Keane Muak
Facebook Comments