Siswa SMP di Tangerang ditangkap usai tersungkur saat menjambret

Rekanbola – Tiga kali jambret tas dan handphone pengendara, pelajar asal Kota Tangerang diringkus polisi. Penangkapannya terjadi saat pelaku tarik-tarikan dengan korban untuk menguasai barang incarannya.

Pelaku berinisial SM (14), akhirnya tersungkur saat korban dan dirinya tarik menarik tas yang hendak dijambret. Pelaku SM yang dibonceng pun terjatuh hingga mencium aspal di Jalan Raya Cikokol, Kota Tangerang, Banten.

Kapolsek Tangerang Kompol Ewo Samono mengatakan, pelaku SM yang beraksi bersama rekanya (DPO), diketahui sudah tiga kali beraksi di wilayah Tangerang dengan korbannya adalah wanita dan pengguna jalan.

“Pelaku ditangkap saat eksekutor yakni saudara SM tarik menarik tas dengan korban hingga pelaku terjatuh,” kata Ewo Samono, di Mapolsek Tangerang, Rabu (19/9).

Dari hasil pemeriksaan polisi, pelaku SM diketahui adalah remaja berusia 14 tahun dan mengaku masih berstatus siswa aktif kelas 3 SMP. “Sementara satu rekan pelaku yang bertindak sebagai joki masih kami kejar,” kata dia.

Dari tiga kali aksi penjambretan yang dilakukan pelaku, mereka ini pernah beraksi di daerah Tanah Tinggi, Moderland, dan terakhir di Tangerang City Mall. Atas perbuatannya, SM digelandang ke Mapolsek Tangerang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Atas kejadian itu Polisi menyita, satu unit handphone OPPO, satu unit sepeda motor merk Honda bernopol B-3850-CIF milik pelaku. Pelaku, setiap aksi kejahatan yang dilakukan mengaku mampu mengumpulkan uang hingga Rp 3 juta.

“Hasil rampasan itu saya jual lagi, dan uangnya buat jajan,” kata SM.

Akibat perbuatannya, remaja tanggung tersebut dikenakan sanksi pidana sesuai perundang-undangan anak. “Kami dalam proses penyidikan tetap mengacu pada Undang-undang pidana anak,” tandasnya.

Baca Juga:   Akhirnya, Pembunuh Waria Pengusaha Katering Tertangkap