Southgate Difavoritkan Jadi Manajer Tetap Inggris

NEXIABET  – Wayne Rooney menilai Gareth Southgate ada di posisi terdepan untuk jadi manajer tetap Inggris. Hasil-hasil di tiga laga terakhir dinilainya sudah cukup bagus.

Posisi Southgate akan ditentukan dalam beberapa hari ke depan. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) sudah menyatakan akan memutuskan siapa manajer tetap timnas setelah laga ujicoba kontra Spanyol, Rabu (16/11/2016) dinihari WIB.

Rooney meyakini Southgate ada di posisi terdepan untuk posisi tersebut. Setidaknya sebagai manajer sementara dia sukses membawa timnas melalui tekanan besar, pasca hasil buruk Piala Eropa di musim panas lalu dan skandal yang menjerat manajer sebelumnya, Sam Allardyce.

Southgate membawa Inggris menang atas Malta dan Skotlandia, serta berimbang kontra Slovenia. Tim ‘Tiga Singa’ clean sheet di tiga laga tersebut.

“Southgate sudah bekerja dengan brilian bersama timnas U-21 dan dia datang lalu melakukan pekerjaan dengan sangat baik,” kata Rooney dikutip Sky Sports.

“Dia mendapatkan dua kemenangan dari tiga laga dan sebuah poin yang bagus dari laga di Slovenia. Sekarang tergantung FA dan dia sudah menempatkan dirinya di posisi terdepan, saya yakin keputusan tepat akan diambil,” imbuhnya.

Southgate punya catatan impresif di level U-21. Menangani sejak 22 Agustus 2013, dia melalui 31 partai dengan 25 kemenangan dan cuma kalah tiga kali. Persentase kemenangannya adalah 80,6%.

Penyerang timnas Inggris lainnya, Daniel Sturridge, memberikan dukungan kepada Southgate karena memberikan ketenangan di pusat latihan. Eks gelandang Crystal Palace, Aston Villa, dan Middlesbrough itu disebut sudah membangun hubungan baik dengan para pemain.

“Dia membuat pemusatan latihan menjadi rileks dan telah menekankan otoritasnya dalam taktik dan dengan stafnya,” kata Sturridge.

Baca Juga:   Kalahkan Lyon, Atalanta Jadi Juara Grup

“Saya rasa dia punya kesempatan bagus untuk mendapatkan pekerjaan itu. Semua pemain sangat rileks dengannya dan kami senang dengan bagaimana segala sesuatunya berjalan,” demikian pemain Liverpool ini.