Sri Mulyani: Pengangguran Turun 5,13 Persen, Terendah Dalam 20 Tahun

REKANBOLA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam penganugerahan Habibie Award periode XX. Dalam kesempatan tersebut, bendahara negara ini menyampaikan kondisi ekonomi Indonesia terkini.

Sri Mulyani mengatakan, saat ini ekonomi Indonesia tumbuh cukup baik di kisaran 5 persen. Pertumbuhan ekonomi ini juga diikuti dengan penurunan pengangguran hingga mencapai 5,13 persen, terendah dalam 20 tahun terakhir.

“Tetap konsisten di atas 5 persen dengan inflasi terjaga di sekitar 3,5 persen, yoy baru 2,8 persen. Momentum pertumbuhan yang meningkat diharapkan terus meningkatkan kesempatan kerja, angka pengangguran menurun mencapai 5,13 persen,” ujarnya di Le Meredien, Jakarta, Selasa (13/11).

Dengan momentum pertumbuhan ekonomi yang meningkat, dia berharap, kemiskinan dan kesenjangan menurun. Di mana saat ini kemiskinan dan kesenjangan telah mencapai 9,28 persen. “Ini pertama kali kemiskinan Indonesia di bawah 10 persen sesudah kita mengalami kemerdekaan,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, pemerintah akan terus meningkatkan pengelolaan keuangan negara. Baik dalam bentuk meningkatkan penerimaan negara dan mengalokasikan belanja anggaran untuk perbaikan dan penguatan Indonesia.

“Saya ingin berikan update ini sebagai suatu konteks, karena kami yang bekerja mengelola keuangan negara terus berharap bisa mengumpulkan penerimaan perpajakan dan membelanjakannya untuk perbaikan dan penguatan Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga:   Luhut Minta LRT Medan Pakai Komponen Dalam Negeri Hingga 60%