Susahnya Cari Kredit Motor Listrik

Rekanbola – Motor listrik sudah mulai beredar di pasaran, namun proses pembiayaan atau leasing-nya masih sulit. Padahal kita tahu sebagian besar pembelian motor dilakukan secara kredit.

Setidaknya lebih dari 80 persen pembeli sepeda motor memakai jasa pembiayaan atau leasing (kredit). Jangka waktu cicilannya pun macam-macam, dari yang paling terendah yakni satu tahun sampai tertinggi, 5 tahun. Dengan DP murah meriah.

Lantas bagaimana kalau motor listrik masuk ke leasing, ya? Konsultan manajemen Solidiance mengakui sampai saat ini tidak ada yang mau memberi kredit untuk motor listrik.

“Sampai sekarang tidak ada yang mau kasih kredit ke motor listrik. Karena risikonya masih tinggi (terkait baterai), lalu jumlah yang beredar belum banyak.

Itu resale value (jual kembali)-nya masih tinggi atau jomplang. Sedangkan penelitian kita menyebutkan, 80 persen lebih motor itu dibeli secara kredit. Nah ini salah satu tantangan untuk motor listrik,”

ujar Associate Partner and Country Head Indonesia di Solidiance, Gervasius Samosir.

“Namun kalau motor listrik itu bisa masuk leasing, motor yang tadinya cicilan selama 5 tahun bisa bertambah sampai 20 tahun. Jadi, biasanya misalkan nyicil Rp 500 ribu, nanti bisa jadi Rp 200 ribu saja,” tambahnya.

Tetapi sebelum menuju kesana tentu harus ada yang dipersiapkan. Selain infrastruktur, fitur swap battery harus ada guna mengurangi tingkat risiko terhadap baterai motor dan mengurangi jangka waktu pengecasan.

“Saya rasa fitur swap battery harus ada untuk motor listrik. Karena dengan hal itu, resiko di baterai selaku komponen utama pada motor listrik bisa dialihkan.

Life time value-nya itu motor bisa sampai 20 tahun. Misal, setiap tahun baterai di ganti (swap), dengan hanya mengeluarkan beberapa biaya saja, kan bakalan jadi awet,” kata Gervasius.

Baca Juga:   Vespa Kelahiran 1983 Ini Masih Kuat Diajak Riding

Dengan hal itu, risiko pada motor listrik bisa teredam dan dapat merangsang perusahaan pembiayaan atau leasing.

Solidiance sendiri saat ini tengah menguji coba penggunaan motor listrik untuk armada ojek online bekerja sama dengan Go-Jek.

Ini video Motor Trail Listrik Buatan Indonesia

 

( Sumber : detik.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *