Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

 

Rekanbola.com – Mungkin kalau dulu, semua orang akan mengandalkan lilin ataupun lampu minyak sebagai penerangan mereka. Itu udah gak berlaku sekarang, semua semakin mudah dengan adanya listrik. Butuh penerangan, sudah ada lampu. Butuh penyejuk udara, sudah ada AC.

Baca Juga :

7 Meme Beda Kelakuan Cewek Di Instagram Vs Realita Ini Mak Jleb Banget

Tapi tanpa kalian sadari, ternyata tagihan listrikmu sudah melonjak naik. Padahal kalau kamu pikir-pikir lagi, kamu udah irit banget saat menggunakan listrik. Nah lho! Daripada cuma ngeluh, mendingan kamu pake deh beberapa cara sederhana di bawah ini. Dijamin deh biaya listrikmu bakalan jadi lebih hemat.

1. Saat malam hari, gunakan lampu tidur

Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

Kedengerannya emang simpel, tapi selalu aja dilupain. Meskipun kamu lagi ngerasa cape akibat segudang aktivitas yang ada, coba deh biasain untuk memadamkan lampu utama dan beralih ke lampu tidur yang punya gak terlalu terang jika dibandingkan dengan lampu utamamu. Selain bisa menghemat listrik, ini bisa bikin kamu buat cepat tidur.

2. Gak membiarkan charger terus terpasang

Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

Ini nih yang paling sering dilakuin sama anak muda apalagi anak kos. Lagi buru-buru, eh tiba-tiba charger dibiarin kecolok gitu aja. Guys, meski kamu gak pakai charger-nya tapi aliran listrik terus jalan lho. Emang kamu mau bayar listrik yang sebenernya gak kamu pakai? Rugi banget.

3. Menggunakan AC yang hemat listrik

Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

Gak ada yang melarang kalau kamu pakai AC di rumah, tapi harus diingat ya kalau pemakaiannya pun harus seperlunya aja. Setiap kali kamu menggunakannya, usahakan kamu memasang suhu lebih dari 20 derajat. Bisa dibilang sih, AC kamu gak perlu kerja ekstra demi mendinginkan ruanganmu.

Baca Juga:   10 Gaya keseharian Bambang Soesatyo, ketua DPR pengganti Setya Novanto

Tapi pastiin juga ya kamu udah pakai AC yang cepat dingin sehingga mesinnya gak perlu bekerja terus-menerus, karena ini berkaitan dengan lebih hematnya penggunaan listrik, kayak AC Polytron Neuva Ice. Sekarang kamu gak perlu nunggu lama lagi deh sampe ruanganmu jadi dingin, soalnya AC Polytron Neuva Iceini mampu mencapai suhu 18 derajat celcius dalam 7 menit aja lho. ‘Garansi lebih cepat dingin atau uang kembali’ lho guys.

4. Matikan wifi dan TV kabel saat tidak digunakan

Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

Udah gak bisa dipungkiri lagi, wifi dan TV kabel sekarang ini udah jadi peralatan wajib di tengah zaman yang serba modern ini. Tapi kalau kamu berencana untuk pergi dalam waktu yang lama atau bahkan berhari-hari, IDN Times saranin sih mendingan kamu cabut dulu deh. Soalnya, mau kamu pake ataupun engga, listrik bakalan terus jalan. Cobain deh bedanya.

5. Pakai air panas ketika menggunakan rice cooker

Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

Kalau kamu memasak nasi dengan menggunakan rice cooker, kamu bisa mengganti air dingin dengan air panas. Hal ini bisa membantu rice cooker buat memasak nasi lebih cepat dan lebih hemat, dibandingkan ketika kamu menggunakan air dingin yang ‘memaksa’ rice cooker untuk bekerja ekstra.

6. Beralih ke monitor LED atau LCD

Tagihan Listrik Melonjak? Coba Siasati dengan 6 Cara Simpel Ini Deh

Semakin tipis, semakin irit. Kalau kamu di rumah masih menggunakan alat elektronik dengan monitor tabung, kamu bisa ganti dengan monitor LED atau LCD. Monitor dengan model tabung ternyata justru lebih boros dibandingkan TV LED. Wah, udah waktunya ‘dipensiunkan’ nih TV lamamu nih kayaknya.

Tuh coba dicek lagi, keenam hal di atas udah kamu lakuin atau belum nih? Gak ada salahnya kamu lakuin di rumah dan tinggal lihat nanti berapa jumlah tagihan listrikmu. Makin berkurang kan?

Baca Juga:   Sering Dicap Tukang Diving, Neymar Pun Mulai Kesal

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :