Tak Banyak yang Tahu, AC Mobil Perlu Perawatan Berkala

Rekanbola – Pendingin udara atau AC menjadi komponen penambah kenyamanan ketika berada di kabin mobil, terutama bila pemiliknya tinggal di daerah yang memiliki suhu udara panas.

Guna memastikan AC tetap dingin dan berfungsi normal, komponen ini ternyata harus mendapat perawatan rutin seperti komponen lainnya.

Product Manager CoolKars Serpong, Susanto mengatakan, seperti halnya komponen mesin, perawatan AC mobil bisa dilakukan secara berkala. “Enggak cuma mesin, AC juga harus dirawat. Perawatannya meliputi, fresh service, light service, hingga heavy service,” kata pria yang akrab disapa Santo kepada Rekanbola, Sabtu 5 Januari 2019.

Untuk fresh service, kata Santo, dilakukan dengan mengganti kabin filter dan pembersihan blower. Proses ini di lakukan setiap 3 bulan atau 10.000 kilometer dan bisa diulang lagi pada kilometer ke 20.000, kemudian 30.000 kilometer, serta kelipatannya.

Perawatan berikutnya Light Service/Flushing yang mencakup fresh service ditambah penggantian Refrigerant, Drier dan ND OIL 8. Pekerjaan ini akan diulang lagi pada 40.000 kilometer. Bukannya, agar umur kompresor lebih lama dan AC tetap dingin.

Sementara heavy service dilakukan setiap kelipatan 40 ribu kilometer dan 80 ribu kilometer ini sama seperti service besar pada mesin mobil. Pekerjaan sudah termasuk Fresh Service, Light Service/Flushing dan ada penambahan ganti Expansi depan belakang dan pembersihan Evaporator. Berfungsi untuk mengembalikan performa sistem AC ke kondisi prima.

“Sementara untuk melakukan perawatan sendiri, Anda dapat membersihkan filter setiap 3 bulan sekali dan ketika Anda mencuci mobil sekalian semprotkan dengan menggunakan air pada kondensor bagian depan mobil.”

Baca Juga:   Siap-Siap! Suzuki Siapkan Motor Turbo pada Tahun 2019 Mendatang