Tak mau RI cuma jadi pasar, Jokowi berpesan anak muda terus berinovasi pada teknologi

REKANBOLA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak generasi muda untuk mengembangkan kreativitas khususnya dalam bidang teknologi dan inovasi. Sebab, sektor ini yang akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi berpesan agar para generasi muda terus meningkatkan kreativitasnya di bidang teknologi. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar dari produk-produk teknologi yang diciptakan negara lain.

“Saya titip kita hati-hati, kita jangan ketinggalan. Saya yakin Ideafest adalah forum yang bicara inovasi dan teknologi, bicara visi-visi ke depan basis teknologi, menyusun strategi ide, gagasan agar menjadi sebuah kenyataan dan saya tahu saya merasakan bahwa di hadapan saya ini adalah orang-orang yang akan menggerakkan itu menjadi sebuah kenyataan,” tuturnya saat memberikan sambutan di acara Ideafest 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (26/10).

Saat mengunjungi sejumlah booth di pameran ini, Presiden Jokowi mengaku kaget melihat banyaknya produk teknologi yang ternyata sudah mampu dihasilkan oleh anak bangsa. “Saya langsung masuk ke pameran, saya terkaget-kaget banyak lompatan-lompatan, banyak loncatan-loncatan, yang semua dikelola, dimanage anak-anak muda, kaum milenial,” ujar dia.

Menurut Presiden Jokowi, teknologi yang dihasilkan oleh para anak bangsa ini yang nantinya akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia ke depan. Terlebih di tengah era digitalisasi dan revolusi industri ke-4.

“Dan saya meyakini yang menggerakkan Indonesia ke depan adalah saudara-saudara semuanya. Saya selalu ingin belajar, tapi kecepatan perubahan cepat sekali. Betul, menurut McKinsey, kecepatan revolusi industri 4.0 itu lebih cepat 3.000 kali dibandingkan revolusi industri pertama,” jelas dia.

Baca Juga:   Peringkat Daya Saing Naik Signifikan, Ini Kata Kemenkeu