Talenan Memasak Berpotensi Buat Anda Jatuh Sakit

REKANBOLA –  Talenan atau papan potong memang praktis dipakai saat memasak. Namun tahukah Anda kalau talenan ternyata bisa membuat Anda sakit?

Bagaimana mungkin? Pasalnya, talenan ini hanya dipakai untuk memotong sayuran, buah, dan daging. Lagipula, Anda pun selalu mencuci usai memakainya.

Hal ini bisa saja terjadi. Salah satu alasannya adalah Anda memotong daging mentah pada pemukaan yang sama dengan makanan lain tanpa mencuci talenannya secara menyeluruh antara setiap pemakaian. Biasanya, orang hanya mencucinya setelah memasak seluruh hidangan, bukan di antara penggunaan.

Mengutip Daily Meal, daging mentah bisa membawa kuman yang menyebabkan keracunan makanan. Logikanya, saat memasak, Anda memastikan untuk memasak daging cukup lama agar bakterinya mati. Tapi bagaimana dengan barang lain yang Anda pakai? termasuk talenan dan pisau?

Cara untuk menghindari keracunan makanan ini adalah dengan memiliki talenan khusus untuk daging mentah dan juga sayuran.

Alasan lainnya adalah talenan bisa menjadi usang setelah digunakan seiring waktu. Ketika Anda memakai pisau untuk memotong makanan, maka secara tak langsung Anda juga akan memotong alur kayu atau plastik talenan. Guratan ini akan menyebabkan adanya ‘lubang’ tempat sembunyi bakteri.

Hasilnya, ini akan meningkatkan paparan patogen seperti E.coli, Salmonella, dan bakteri lain yang menyebabkan keracunan makanan.

Baca Juga:   Ivan Gunawan Tampan Bersorban Dipuji Mirip Pangeran Arab