Ternyata Apa Yang Membuatmu Tertawa Bisa Menjelaskan Kepribadianmu Lho!

 

Rekanbola.com – Tahukah kamu, bahwa tiap tahun pada hari minggu pertama di bulan Mei diperingati sebagai World Laughter Day atau Hari Tertawa Sedunia? Di tahun 2018 ini, World Laughter Day resmi jatuh di tanggal 6 Mei 2018. Jadi, khusus di hari ini, yuk lupakan kegundahan sejenak dan mari berbahagia, berkumpulah bersama orang-orang yang kamu sayangi dan temukanlah hal-hal yang membuatmu tertawa!

Baca Juga :

15 ARTIS CEWEK MUDA KOREA PALING CANTIK DAN MENGGEMASKAN

Eits, tapi kira-kira apa sih yang biasanya membuatmu tertawa? Tahu nggak sih, ternyata hal-hal yang membuatmu tertawa atau selera humormu juga bisa menunjukkan kepribadianmu lho. Menurut Martin et al (2003), ada empat tipe humor yang dapat menjelaskan karaktermu. Hmm, kamu termasuk yang mana nih?

1. Affiliative

Ternyata Apa Yang Membuatmu Tertawa Bisa Menjelaskan Kepribadianmu Lho!

Tipe humor yang pertama kita bahas ini kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan biasanya paling banyak digunakan dan disukai orang-orang karena berupa candaan atau guyonan ringan yang tidak menyinggung pihak mana pun, juga bertujuan untuk mempererat hubungan atau menciptakan atmosfir yang lebih bersahabat dan menyenangkan.

Kamu yang menyukai humor tipe ini biasanya memiliki keterbukaan dan antusiasme yang tinggi untuk mencoba berbagai hal-hal baru. Kamu juga cenderung mempunyai hubungan sosial yang kokoh karena karaktermu yang menjunjung tinggi nilai persahabatan. Karena hal ini pula, orang-orang yang pada umumnya lebih lucu daripada kamu atau menganggap bahwa humor adalah penting cenderung lebih cepat membangun hubungan personal denganmu dibanding dengan mereka yang tidak memiliki selera humor affiliative seperti kamu. Selain itu, humor tipe ini juga menunjukkan kalau kamu lebih sehat secara lahir dan batin. Wah pasti banyak orang yang senang berteman denganmu, ya.

Baca Juga:   Johanna Konta Berharap Pelatih Baru Mengantarkannya Menuju Kesuksesan Di Musim 2019

2. Self-Defeating

Ternyata Apa Yang Membuatmu Tertawa Bisa Menjelaskan Kepribadianmu Lho!

Wah, kalau tipe humor yang satu ini meme-nya lagi banyak banget tersebar luas di internet. Seperti namanya, orang yang menyukai atau menggunakan self-defeating humor biasanya memberlakukan diri mereka sendiri sebagai objek candaan dengan menjelek-jelekkan diri sendiri, baik untuk hiburan secara pribadi ataupun untuk membuat orang lain tertawa agar mereka dapat merasa lebih diterima.

Bahkan, orang-orang yang menyukai humor ini akan tetap tertawa walaupun orang lain juga ikut meledek atau menjelek-jelekkan mereka. Sayangnya, hal ini tidak lantas menjelaskan bahwa kamu pribadi yang nrimo, namun justru kamu adalah orang yang cenderung dipenuhi rasa cemas, khawatir, takut, sepi dan lain sebagainya.

Namun di balik itu semua, kamu juga pribadi yang baik hati, empatis dan suka menolong. Hayo ngaku, siapa di sini yang diem-diem senang dibully temennya atau hobi panen meme-meme yang mengasihani diri sendiri?

3. Self-Enhancing

Ternyata Apa Yang Membuatmu Tertawa Bisa Menjelaskan Kepribadianmu Lho!

Kamu yang suka atau sering menggunakan humor tipe ini sering kali menemukan humor dari berbagai sisi kehidupan. Kamu juga biasanya suka menggunakan humor untuk menghadapi stres atau masalah yang tengah kamu hadapi dengan menemukan sisi yang lebih ‘cerah’ dari kendala tersebut. Tapi tentu tidak hanya itu saja, kamu memang pandai menemukan hal-hal lucu pada situasi dalam kehidupan sehari-hari, walau umumnya sebagai cara untuk mengatasi masalah dan tidak membiarkan emosi negatif mengambil alih dirimu.

Biasanya kamu yang menyukai humor tipe ini adalah pribadi dengan self-esteem yang tinggi, terbuka pada lingkungan sosial dan optimistik. Kamu nggak pernah menggunakan tawa atau candaan untuk menjatuhkan orang lain, justru kamu lah yang mencerahkan mood teman-teman kamu yang sedang jatuh dan tetap mendorong mereka. Keren!

4. Agressive

Ternyata Apa Yang Membuatmu Tertawa Bisa Menjelaskan Kepribadianmu Lho!

Tipe humor yang satu ini memang persis seperti namanya. Humor tipe ini dapat meliputi ejekan, olokan, beberapa tipe sarkasme dan  bersifat menjatuhkan orang lain. Biasanya humor ini memang menyakitkan dan dapat digunakan untuk memanipulasi atau mengasingkan orang lain, persis seperti candaan cewek-cewek kekinian tapi culas yang sering kita jumpai di banyak sinetron.

Baca Juga:   Roberto Carlos Yakin Vinicius Jr. Akan Catat Sejarah di Real Madrid

Pengguna humor agressive memang secara signifikan cenderung lebih tidak ramah dan acuh, lebih bossy dan mendominasi, kurang percaya diri pada penampilan fisik dan lebih tidak ingin membangun hubungan yang lebih intim pada pasangan. Mereka juga biasanya lebih cerdas, namun tentu kelebihan yang mereka miliki akan jauh tertutup oleh kekurangannya. Namun humor tipe ini pun tidak selamanya buruk jika digunakan dalam situasi atau konteks yang tepat, dan justru dapat menjadi keuntungan dengan mengundang orang lain ikut tertawa serta mempererat hubungan.

Sebenarnya, bagaimana cara kita menggunakan humor lah yang paling penting, bukan untuk sekedar memperlihatkan kalau kita orang yang lucu, namun untuk memanfaatkannya untuk menjalin hubungan dengan cara yang tidak merugikan. Berhati-hatilah dengan lidahmu, jangan sampai candaan atau ucapanmu menyakiti orang lain, karena dalam bercanda juga ada etikanya. Jadikanlah humor alat untuk membangun hubungan, bukan sebaliknya. Selamat tertawa!

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :