Ternyata, Mikel Arteta Berjasa dalam Kemenangan City Atas Arsenal

rekanbola – Josep Guardiola bisa disebut sebagai dalang dari kemenangan Manchester City atas Arsenal pada akhir pekan kemarin. Tetapi sang asisten, Mikel Arteta, rupanya memiliki jasa yang besar dalam gol kedua City.

Seperti yang diketahui, Manchester City berhasil meraih kemenangan atas Arsenal yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Dua gol dari Raheem Sterling serta Bernardo Silva membuat The Citizens menang dengan skor 2-0.

Perhatian publik terarah kepada City saat Guardiola merayakan gol kedua yang tercipta pada menit ke-64. Pelatih asal Spanyol itu beserta asisten pelatih lainnya, Rodolfo Borrel, terlihat memeluk Arteta di sampingnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi lebih lengkapnya.

Jasa Besar Arteta

Jasa Besar Arteta

Mikel Arteta © AFP

Selebrasi itu rupanya reaksi dari saran Arteta kepada pemain Manchester City beberapa waktu sebelumnya. Marti Perarnau, sosok yang menulis dua buku tentang Guardiola, membeberkan kronologisnya.

“Apakah anda ingat laga hari Minggu lalu, setelah gol kedua, saat Pep memeluk Mikel?” ujar Perarnau kepada 93:20 Podcast.

“Itu karena Mikel berkata kepada Mendy, ‘Jangan melakukan umpan silang yang tinggi saat mencapai garis akhir, buat operan rendah ke belakang,’. dan setelahnya, Bernardo mencetak gol,” lanjutnya.

Arahan Arteta yang Detail

Arahan Arteta yang Detail

Mikel Arteta. © IST

Perarnau pun menjelaskan bagaimana detailnya Arteta dalam mengarahkan. Ia mengatakan bahwa pria asal Spanyol itu juga meminta Mendy dan Sterling untuk melakukan kerja sama terlebih dahulu.”Dia juga berbicara dengan Mendy dan Sterling untuk membuat operan satu-dua sebelum melakukan operan ke belakang,” pungkasnya.

Cukup tragis, mengingat Arteta merupakan mantan pemain sekaligus kapten Arsenal sebelum dirinya pensiun di tahun 2016 silam. Ia bahkan masuk dalam kandidat terkuat pelatih Arsenal untuk menggantikan Arsene Wenger beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   Terbukti terima suap, mantan Bupati Jombang divonis 3 tahun 6 bulan