TGB Imbau Masyarakat Donorkan Darah ke Korban Gempa NTB

Rekanbola –  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat memprioritaskan penyelamatan korban jiwa akibat gempa 7 skala Richter, baik yang tertimpa bangunan maupun yang ada di rumah sakit. Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang meminta masyarakat yang sehat mendonorkan darah.

“Konsentrasi utama kami saat ini adalah menyelamatkan jiwa, baik yang masih tertimpa bangunan maupun yang ada di rumah sakit.

Untuk masyarakat yang mengungsi, pemerintah daerah segera melakukan penyediaan logistik berupa makanan, minuman, maupun obat-obatan yang sangat krusial untuk para korban,” ungkap TGB setelah melakukan evakuasi korban gempa, Senin (6/8/2018).

TGB mengunjungi korban gempa di sejumlah rumah sakit di Mataram dan yang berada di tenda-tenda. Dia menyebut pasokan darah sangat dibutuhkan karena rata-rata korban mengalami luka berat, seperti patah tulang dan luka terbuka.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat yang sehat untuk membantu masyarakat terdampak gempa, baik di lokasi maupun di rumah sakit, untuk mendonorkan darah sebagai bantuan paling riil saat ini,” katanya.

Data sementara, gempa Lombok berkekuatan 7 SR mengakibatkan 98 orang meninggal dunia dan 236 orang terluka. Ada ribuan rumah rusak, terutama di wilayah Lombok Utara.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Kelompok Taliban Sandera 20 Serdadu Polisi Afganistan