Timnas Basket Diprediksi Dirombak Besar-besaran Andai Toro Gantikan Wahyu Cacing

REKANBOLA – Persaingan dalam seleksi Timnas basket putra diprediksi bergulir lebih sengit andai Rajko Toroman betu;-betul menjadi pelatih kepala. Seperti apa?

Toro kian dekat dengan kursi pelatih Timnas basket putra menuju SEA Games 2019 Filipina hingga Piala Dunia Basket 2023. Sebagai konsekuensinya, Wahyu Widayat Jadi, yang semula menduduki jabatan itu, akan turun level sebagai asisten pelatih.

Sinyal perubahan sudah diutarakan oleh Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan Badan Tim Nasional (BTN) dalam tiga pertemuan terakhir. Wahyu legawa jika rencana itu benar-benar terealisasi.

Toro juga telah mengamati seleksi pemain yang diikuti 16 atlet di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan.

“Kami banyak berbincang tentang berbagai hal. Seperti dia meminta bantuan mencari pemain-pemainnya. Sebab, setelah William Jones Cup bulan depan, rencananya yang ada di Timnas akan ada beberapa yang dipertahankan (ada yang tidak),” kata Wahyu kepada detikSport, Selasa (25/6/2019).

“Saya juga sempat tanya jika kami bergabung, bagaimana pembagian kerjanya? Job desk-nya seperti apa? Dia juga sempat memberi masukan-masukan kepada saya soal tim. Oke sih orangnya,” dia menambahkan.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Budi Satrio Djiwandono, mengatakan hal senada. Dia bilang Perbasi memberi keleluasaan bagi pelatih untuk memilih pemain.

“Sebagai induk olahraga ketika menunjuk pelatih maka kami memberi dia wewenang dan keleluasaan untuk membawa tim seperti apa. Kami menghormati prestasi yang telah dia (Toro) raih selama ini. Kami lihat dia bisa bawa negara-negara Asia ini ke peringkat yang lebih baik,” Budi menjelaskan, terpisah.

“Coach Cacing (sapaan karib Wahyu) juga tak pernah kami dikte, harus seperti ini atau itu. Terserah kepada pelatih Timnas nanti,” ujar dia.

Baca Juga:   Transfer Fekir Gagal, Fans Liverpool Tidak Peduli