Tinjau Longsor di Jembatan Sidua-Dua, Bupati Simalungun: Jangan Takut ke Parapat

Rekanbola – Bupati Jopinus Ramli Saragih didampingi beberapa Kepala SKPD meninjau longsor di Jalan Negara, Jembatan Sidua-dua, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Jumat (4/1-2019) sore.

Ditemui di lokasi, JR mengatakan, Sabtu (5/1/2019), dia bersama Uspida dan Uspika Kecamatan Girsip akan segera meninjau sumber mata air yang mengakibatkan terjadi longsor.

“Jangka pendek, saya bersama TNI, Polri dan camat daerah ini besok akan naik ke atas gunung meninjau sumber mata air yang mengakibatkan terjadi longsor. Dan mata air penyebab longsor akan segera dialihkan sehingga tidak menimbulkan longsor lagi ke depan,” kata Bupati.

Kondisi Jembatan Sidua-dua, Jumat (4/1/2019) sore.

Menurut JR Saragih, karena lokasi longsor berada di Jalan Negara, maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut.

“Mudah-mudahan akses jembatan segera diperbaiki sehingga pengunjung tidak terganggu datang berwisata ke Parapat,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, Pemkab Simalungun akan segera membangun jalan alternatif dari Huta Bangun Dolok tembus Huta Swalan pada tahun 2019 ini. Dia juga meminta wisatawan tidak takut datang ke Parapat.

“Pembangunan jalan alternatif akan dikerjakan mulai Januari 2019 ini. Dan kita imbau kepada masyarakat agar jangan membuang air di pinggiran jalan menjaga terjadi longsor. Begitu juga, pengunjung tidak usah takut datang berwisata ke Parapat. Karena longsor ini akan segera mungkin diatasi,” kata Bupati.

Baca Juga:   Tukang Becak Divonis 1,5 tahun Karena Penumpang Tewas Saat Hindari Kecelakaan