Tiongkok Resmikan Studio Film Terbesar di Dunia

 

Rekanbola.com – Miliarder asal Tiongkok, Wang Jianlin, sekaligus bos dari Dalian Wanda Group China meluncurkan secara resmi Qingdao Oriental Movie Metropolis yang disebut-sebut menjadi studio film terbesar di dunia. Wang Jianlin mengatakan hal tersebut dalam sebuah seremonial peluncuran, Sabtu (28/4).

Baca Juga :

15 ARTIS CEWEK MUDA KOREA PALING CANTIK DAN MENGGEMASKAN

1. Budget proyek senilai Rp111 triliun

Tiongkok Resmikan Studio Film Terbesar di Dunia

Dengan luas wilayah yang setara dengan lebih dari 200 lapangan sepak bola, Qingdao Oriental Movie Metropolis adalah jawaban Tiongkok untuk menantang supremasi Hollywood.

Proyek senilai 8 miliar dolar atau setara dengan Rp111 triliun ini sebagian dibangun di pulau buatan, juga termasuk hotel, taman hiburan dan klub kapal pesiar, dilansir South China Morning Post.

2. Subsidi khusus untuk film Tiongkok

Tiongkok Resmikan Studio Film Terbesar di Dunia

Sementara itu, Dalian Wanda Group yang mengendalikan jaringan bioskop Amerika Serikat, AMC Entertainment Holdings dan studio Legendary Entertainment AS, menjanjikan subsidi khusus untuk para pembuat film dunia yang fokus pada pasar film domestik China.

“Kami akan meningkatkan perkembangan industri film Tiongkok,” kata Wang pada upacara pembukaan. “Kami juga akan mengubah Qingdao menjadi pusat global untuk film.”

3. Hollywood belum berminat

Tiongkok Resmikan Studio Film Terbesar di Dunia

Walau demikian, sejauh ini, belum ada film besar Amerika yang diproduksi di Oriental. Sejak dibuka untuk produksi film pada tahun 2016, hanya Pacific Rim: Uprising dan The Great Wall dari Legendary Entertainment yang menggunakan Oriental sebagai studio.

Walau demikian, Dalian Wanda Group membidik setidaknya lima hingga enam proyek film Hollywood bisa dibuat di Oriental sepanjang tahun pertama beroperasi penuh dimulai dari tahun 2018 ini.

(Sumber : news.idntimes.com)

Baca Juga :

Baca Juga:   Mandzukic Ingin Bawa Kroasia Berprestasi di Piala Dunia