Tips Mudah Merawat Pelek

RekanBola – Jangan cuma mesin dan tampilan luar saja yang dirawat, pelek mobil juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebagai penyangga ban, pelek turut menentukan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Dilansir dari situs resmi Daihatsu, ada beberapa trik untuk merawat velg mobil yang bengkok yang bisa otolovers terapkan.

Periksa Pelek Secara Rutin

Setidaknya setiap seminggu sekali, periksa presisi dari ukuran pelek. Terlebih setelah mobil membentur lubang. Bila ada perubahan bentuk pada desain pelek, segera bawa ke bengkel agar diperbaiki. Pelek yang bengkok sangat berbahaya, terutama saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Lebih Waspada di Jalan yang Rusak

Setelah pelek diperbaiki, sebaiknya lebih berwaspada di jalanan yang berlubang. Andai terpaksa harus melintasinya, pelankan kendaraan sehingga suspensi dapat meredam benturan.

Bila Ada Kerusakan, Bawa ke Bengkel

Memperbaiki pelek tentu tidak bisa sembarangan, perlu skill dan tenaga. Bagi yang masih awam, daripada berspekulasi lebih baik bawa langsung ke bengkel jika terindikasi masalah pada pelek ban, dengan menggunakan mesin pres, bengkel akan memperbaiki pelek dengan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, memperbaiki di bengkel biasanya disertai dengan garansi.

Selalu Cek Kondisi Ban

Jangan remehkan tekanan ban karena ini bisa memengaruhi kinerja pelek. Pastikan tekanan anginnya selalu pas. Bila terasa berkurang, segera berikan tambahan angin agr performa kendaraan kesayanganmu tetap prima dan terjaga.

Tips Mencuci Pelek Mobil

Sebisa mungkin hindari mencuci pelek mobil dalam suhu panas. Diamkan dulu sejenak sebelum mengguyurnya dengan air. Suhu panas bisa membaut pelek berubah bentuk dan berjamur.

Nah, otololvers dengan perhatian yang ekstra, bisa membuat pelekmu bisa dipakai dalam waktu yang lama.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga:   Wah, Ada Bus Tanpa Sopir di GBK

Baca Juga :