TKW Adelina Juga Diduga Tak Diberi Makan yang Cukup oleh Majikan

Rekanbola.com – Tenaga kerja wanita Adelina (21), yang meninggal dunia di Penang, Malaysia, diduga merupakan korban penyiksaan oleh kerabat majikannya. Polisi Malaysia juga menduga Adelina mengalami malnutrisi.

“Sementara ini keterangan dari dokter forensik benar, ada luka, tapi masih ditelusuri penyebabnya. Kedua, kemungkinan meninggal dunia karena malnutrisi, ada kemungkinan tidak diberi makanan yang cukup selama 1 bulan terakhir,” jelas Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Muhammad Iqbal di kantornya, Jl Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

Iqbal menjelaskan pemulangan jenazah Adelina menunggu proses postmortem dan autopsi jenazah berakhir. Hingga saat ini pihak Kemlu dan KJRI Penang juga berusaha menghubungi keluarga Adelina.

“Kalau untuk pemulangan jenazah, tunggu postmortem yang baru mulai besok, autopsi juga belum. Saya kira untuk memastikan proses hukum yang berjalan lancar, pasti harus dilakukan sehingga memberi kesempatan hukum di Malaysia untuk menyelesaikan postmortem dan investigasi ini. Kalau memang jenazah masih dibutuhkan, kita akan beri kesempatan,” jelas dia.

Sementara itu, KJRI juga menemukan beberapa informasi tentang identitas Adelina. Adelina diketahui bekerja di Malaysia dengan cara ilegal, yaitu tanpa dokumen resmi.

“Pertama, korban ternyata bukan dari Medan, tapi dari NTT. Paspor dikeluarkan di Blitar,” jelas dia.

“Kedua, korban sebelumnya bekerja secara resmi di Penang, namun kemudian September 2014 pulang ke NTT dan Desember 2014 masuk lagi melalui jalur nonprosedural,” lanjut Iqbal.
(jor/jor)

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo