Toyota C-HR Bakal Hadir, Ini Deretan Crossover yang Dihantam

RekanBola – Toyota C-HR tak lama lagi akan meluncur di Indonesia. C-HR yang sempat dipamerkan pada ajang GIIAS 2017 itu, nantinya akan bersaing dengan sejumlah crossover lain yang sudah lahir lebih dulu di Indonesia.

Di antaranya akan berhadapan dengan Honda HR-V, Mazda CX-3, Mitsubishi Outlander Sport, Chevrolet Trax, dan Nissan Juke.

Berikut deretan crossover yang ada di Indonesia:

1. Honda HR-V

Honda HR-V akan menjadi salah satu pesaing C-HR. Crossover ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2014 lalu.

Di kelasnya, inilah mobil yang dibekali dengan dua pilihan mesin: 1,5 liter dan 1,8 liter. Mesin 1.5L memiliki basis mesin serupa Honda Jazz, City, ataupun Freed. Sedangkan HR-V 1.8L menggunakan mesin yang serupa dengan Honda Civic lama (bukan yang turbo). Mesin ini menghasilkan daya hingga 139 Tk, dan memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dari Honda CR-V sekalipun. Keduanya dibekali transmisi CVT, namun yang digunakan oleh varian 1.8 terasa lebih responsif.

HR-V juga memiliki pilihan transmisi manual 6-speed. Harga mobilnya dibanderol mulai dari Rp273,5 – Rp378,5 juta.

2. Mazda CX-3

Crossover lainnya yakni Mazda CX-3. CX-3 juga merupakan pesaing tulen Honda HR-V.

Mobil ini memiliki keunggulan seperti adanya paket teknologi SKYACTIV yang menyentuh semua aspek mulai dari body, mesin, transmisi, hingga chassis. Dan yang paling penting, Mazda CX-3 memiliki mesin yang paling besar di antara kompetitornya yaitu 2,0 liter dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Salah satu fitur andalan Mazda CX-3 adalah G-Vectoring Control (GVC). GVC merupakan bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS yang melengkapi jajaran SKYACTIV-Technology. Teknologi ini diklaim mampu mengurangi torsi mesin sebanyak maksimal 3 persen (sangat sedikit dan tidak akan terasa) saat mobil mulai memasuki tikungan, dan mengembalikannya lagi saat keluar dari tikungan.

Baca Juga:   Soal Larangan GPS di Motor, Bikers Harus Lebih Bijak

Harga CX-3 per Maret 2018, yaitu mulai Rp 388 juta (Touring), dan Rp 435 juta untuk yang GT.

3. Mitsubishi Outlander Sport

Pada 2017 lalu, Outlander Sport sempat mengalami recall di Indonesia. Sementara itu, di Australia, Outlander Sport mengalami ubahan minor.

Di Indonesia, mesin yang digunakan berkapasitas 2,0 liter. Mesin ini dibekali sistem pengendali pengapian MIVEC agar konsumsi bahan bakar tetap efisien dan untuk menjaga tenaga tetap optimal.

Output yang dihasilkan 150 Tk, dengan torsi 197 Nm. Untuk menyalurkan tenaga, Mitsubishi kemudian memasangkan transmisi CVT bertajuk INVECS III.

Mitsubishi Outlander Sport tersedia enam pilihan warna dan tiga varian yaitu GLX Rp 330 juta, GLS Rp 345 juta, dan varian tertinggi PX yang dihargai Rp 370 juta.

4. Chevrolet Trax

Chevrolet Trax adalah satu-satunya crossover yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Jangan heran kalau kemampuan mesinnya mendekati Honda HR-V dengan mesin 1,8 liter, meski Trax menggunakan mesin berkapasitas 1,4 liter. Kekurangan Trax 2018, tidak tersedia pilihan mesin diesel.

Crossover lima penumpang ini didukung teknologi Passive Entry dan Passive Start (PEPS). Ini memungkinkan pengendara masuk dan menyalakan kendaraan tanpa perlu mengeluarkan kunci atau keyless.

Chevrolet Trax dibanderol dengan harga mulai Rp 288 – Rp 314 Juta (OTR Jakarta).

5. Nissan Juke

Nissan Juke memiliki tubuh yang unik dan berbeda dengan kebanyakan crossover lainnya. Generasi terbaru Juke disiapkan untuk melawan Toyota C-HR dan Honda HR-V.

Mobil dilengkapi mesin 1,5 liter bensin yang bertenaga 112 Tk. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi CVT.

Salah satu daya pikat Juke adalah pilihan warna beragam yang cerah, merah, kuning, biru, dan lain sebagainya. Mobil ini harganya kisaran Rp301,7 – Rp330,9 Juta.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga :