Trik Bikin AC Mobil Tetap Dingin dan Awet, Mudah Kok

Rekanbola – Pendingin udara atau air conditioner (AC) menjadi salah satu komponen yang menambah kenyamanan ketika berada di dalam kabin. Meski demikian, pemilik mobil jarang yang memperhatikan kondisi komponen AC mobil.

Baca juga : Mengenal Motor 6-Silinder Honda di Era 70-an

Product Manager PT Cipta Gemilang Bersama (Coolkars), Susanto mengatakan, AC juga harus mendapat perawatan jika ingin kondisinya tetap baik untuk mendinginkan kabin.

“Setiap tiga bulan gantilah filter AC kabin agar tetap dingin. Selain itu pengecekan rutin juga bisa menganalisa kerusakan part AC sejak dini, jadi biaya perawatan pun tidak besar,” kata Susanto.

Dengan melakukan servis secara teratur dan perawatan yang benar pada AC mobil, kata Susanto, membuat AC jadi lebih awet dan bekerja secara normal. Sehingga akan selalu memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan di saat kita berada dalam mobil.

“Selain itu, bersihkan kisi-kisi AC di dasbor maupun di bagian lainnya. Untuk pembersihan di kisi-kisi bisa pakai kuas kecil dengan menggunakan alat vacuum agar kotoran bisa kesedot, tidak masuk ke lubang kisi-kisi AC,” kata dia.

Untuk penggunaan AC, kata dia, sesuaikan dengan kebutuhan pengemudi dan penumpang saat berada di kabin mobil. Jika hanya mengemudi sendiri, blower tidak perlu dipasang secara maksimal, suhu juga bisa diatur di posisi 24 derajat, namun jika lebih bisa diatur lebih dingin.

“Pemakaian bisa menyesuaikan kebutuhan. Misal kalau siang bisa pakai blower satu, semburan ke badan suhu di 24 derajat. Untuk standarnya pengaturan suhu anggap saja suhu badan kita 36 derajat dikurang 11 derajat suhu ideal, cukup menggunakan 24 derajat di pengaturan AC-nya,” kata dia.

Baca Juga:   Melihat Harga Honda CBR150R Bekas di Pasaran

“Dengan penggunaan AC yang tepat dan perawatan rutin, maka AC akan tetap bekerja maksimal untuk mendinginkan suhu kabin,” kata dia.

 

(Sumber : viva)