Tujuh Cara Packing Simpel Sebelum Melancong

REKANBOLA – Mengepak barang untuk bepergian alias packing merupakan salah satu kemampuan penting sebelum melancong. Jangankan benda penting, kalau pisau cukur atau satu alat rias saja tertinggal, jadwal Anda di kota tujuan bisa berantakan.

Supaya hal-hal kecil seperti ini tidak mengganggu perjalanan, pastikan Anda mengemas semua keperluan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips packing yang wajib Anda ketahui:

1. Buat Daftar Barang yang Dibutuhkan

Hentikan kebiasaan mengemas barang di detik-detik terakhir, dalam keadaan terburu-buru, kemungkinan besar ada saja barang yang tertinggal. Mulailah membuat daftar barang yang Anda butuhkan dari beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan.

2. Gulung, Bukan Dilipat

Pelancong atau orang yang sering bepergian pasti sudah tahu tips yang satu ini. Yak, menggulung pakaian memang jauh lebih baik daripada melipat, bahkan kerutan dari hasil gulung juga tidak terlalu kentara jika dibandingkan dengan baju yang dilipat.

3. Pahami Kebijakan Bagasi Maskapai

Sebelum bepergian, pahami dulu kebijakan kapasitas bagasi maskapai, dalam hal ini mungkin salah satu solusi yang paling mudah adalah membacanya ketika memesan tiket. Di Traveloka misalnya, ada inflight service yang memudahkan urusan ini. Ketika memesan tiket, Anda bisa menikmati berbagai layanan penerbangan, mulai dari memilih kursi dan makanan sesuai selera, hingga memilih berbagai kapasitas bagasi yang ada.

4. Bawa Barang-barang Multifungsi

Anda punya 1 iPod, 1 e-reader, 2 ponsel, 2 power bank, 2 hardisk eksternal, dan 1 laptop, semua alat itu penting. Namun, jika dibawa semua punggung atau tangan Anda kemungkinan akan pegal-pegal dan sakit selama perjalanan. Pindahkan data yang Anda butuhkan ke dalam satu perangkat, kemudian bawa alat darurat seperti satu powerbank.

Baca Juga:   BPK Apresiasi Pemerintah Upaya Revaluasi Barang Milik Negara

5. Bawa Barang dan Pakaian Multifungsi

Barang multifungsi bisa sangat membantu di perjalanan, misalnya sarung bisa Anda gunakan sebagai selimut atau alas kepala. Paracord bisa Anda gunakan sebagai tiang jemuran atau untuk mengikat barang bawaan ke ransel. Celana cargo 2 in 1 juga sangat berguna, sebagai celana panjang waktu cuaca dingin, dan celana pendek saat ingin agak santai. Benda-benda multiguna seperti ini bisa mengikis daftar barang bawaan Anda secara signifikan.

6. Kemas Benda Cair dalam Satu Wadah

Masukkan benda yang mengandung cairan dalam kemasan khusus, selain membantu screening di bandara, ini juga mencegah hal-hal yang tak diinginkan selama perjalanan. Bayangkan jika salah satu botol kemasan rusak atau bocor, Anda tentunya tidak mau pakaian rusak, bernoda, atau baunya menyengat karena ketumpahan minyak wangi, kan?

7. Pastikan Barang Penting Ada di Carry On, Bukan di Bagasi

Ini salah satu kiat terpenting, jangan pernah memasukkan barang penting atau berharga di dalam bagasi. Masukan barang ke dalam ransel seperti paspor, uang, dompet, perhiasan, dan laptop wajib masuk ke ransel dan dibawa ke kabin. Kalau tidak, bisa saja barang-barang ini hilang atau rusak selama perjalanan.

Nah, itulah beberapa tips penting untuk packing. Kalau sudah paham, langsung saja deh buka Traveloka dan beli tiket Citilink, atau apa pun maskapai favorit Anda. Kalau harganya belum masuk anggaran, aktifkan saja fitur price alert. Dengan demikian, kalau harganya turun atau ada diskon, Anda akan dapat notifikasi via peramban atau aplikasi. Selamat berkemas dan berpetualang.