Uji Ketangguhan All New Suzuki Ertiga di Bali, Begini Rasanya

Rekanbola – Sukses melakukan debut di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya mengajak awak media untuk menguji ketangguhan All New Suzuki Ertiga sambil mengeksplorasi keindahan Bali yang dijuluki sebagai Pulau Dewata, pada 25-27 Juni 2018.

Untuk menguji ketangguhan Ertiga baru, PT SIS menyediakan 10 unit Suzuki All New Ertiga varian GX dengan dua pilihan transmisi yaitu manual (MT) dan otomatis (AT).

Pada kesempatan tersebut Suara.com mendapat kesempatan untuk menguji All New Ertiga dengan transmisi manual.

Saat memasuki kabin, terasa Ertiga baru memiliki ruang kabin yang lebih luas dari generasi sebelumnya. Setelah berada di balik kemudi, kenyamanan dari multi purpose vehicle (MPV) jagoan Suzuki ini dapat dirasakan.

Selain posisi duduk yang nyaman, pandangan pengemudi juga terasa luas dengan dimensi yang lebar.

Tidak hanya itu, Suzuki juga sudah melengkapi bagian kabin dengan fitur – fitur pendukung kesenangan mengemudi seperti layar sentuh, port USB, dan fitur pengaturan audio yang terdapat pada lingkar kemudi.

Namun sayangnya, di varian GX warna jok dibalut dengan aksen beige yang tentunya sangat mudah sekali kotor. Sementara untuk suasana kabin terasa kedap.

Bagian dalam All New Suzuki Ertiga. (Suara.com/Manuel Jeghesta)

Pasalnya suara mesin maupun suara bising di luar tidak begitu terdengar sampai ke dalam. Hal ini tampaknya menjadi salah satu keunggulan dari Ertiga baru maupun generasi sebelumnya.

Untuk menyalakan mesin, sama seperti mobil modern lainnya pengemudi cukup menginjak pedal rem, lalu menekan tombol engine start/stop yang terletak pada panel dasbor di sisi kanan pengendara.

Dalam menguji ketangguhan All New Suzuki Ertiga, rombongan memulai perjalanan dari Ubud menuju ke Danau Batur lalu kembali ke Ubud. Dengan jalur yang cukup panjang mirip jalanan perkotaan, Ertiga masih terasa cukup nyaman. Dengan bekal mesin baru K15B, mobil pun terbilang cukup responsif ketika pedal gas diinjak dalam-dalam.

Baca Juga:   Motor Sport Honda Ini Tawarkan Potongan Harga, Tertarik?

Namun Ertiga baru benar-benar teruji di hari kedua, perjalanan dilanjutkan untuk menempuh rute Ubud-Taman Soekasada-Amed Beach-Ubud dengan masing-masing jalur memiliki kontur berliku, lurus maupun jalan berlubang dan bergelombang.

Bagian dalam All New Suzuki Ertiga. (Suara.com/Manuel Jeghesta)

Saat melalui jalan berlubang dan bergelombang, suspensi All New Ertiga terbilang cukup baik karena mampu memberikan kenyaman penumpang maupun pengemudi. Dibantu kabin yang kedap, bantingan Ertiga terbaru terasa cukup nyaman baik dibaris pertama maupun kedua.

Namun sayangnya, ketika melibas tanjakan curam mobil terasa agak sedikit tersendat, karena ban depan mobil terasa sedikit spin. Pasalnya, Ertiga memang menggunakan penggerak roda depan.

Dengan begitu ban depan tentu harus bekerja ekstra keras menarik beban yang ada di belakang. Untuk menghadapi rute seperti ini tentu diperlukan kemampuan mengemudi yang baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sementara untuk konsumsi bahan bakar, Suara.com mendapatkan hasil capaian 15,6 km per liter yang terlihat di panel multi information display (MID). Namun hal ini terbilang cukup wajar lantaran jalur yang dilalui berupa jalanan menanjak dan berliku.

Suzuki sendiri mengklaim hasil uji bahan bakar Ertiga untuk transmisi manual 18,6 km perliter.

Secara keseluruhan, Suara.com menilai All New Suzuki Ertiga menjadi salah satu model yang patut diperhitungkan di kelasnya dengan berbagai fitur yang mumpuni, kenyamanan di dalam kabin, keluasan bagasi dan juga banyaknya kompartemen serta panel untuk charger di dalam kabin meski di bangku baris ketiga belum tersematkan panel USB charger.

Namun sayangnya Suzuki belum menyematkan fitur kamera mundur untuk parkir dan panel AC yang terbilang kuno.

 

 

( Sumber : Suara.com )