Uni Eropa Rencanakan Tarif 20 Miliar Euro untuk Impor dari Amerika

REKANBOLA – Komisi Eropa telah menyusun daftar impor AS senilai sekitar 20 miliar euro (US$22,6 miliar) agar dapat dikenakan tarif atas sengketa subsidi pesawat transatlantik.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump mengancam untuk memberlakukan tarif pada produk-produk Uni Eropa senilai US$11 miliar. Hal tersebut merupakan jawaban atas keresahan Washington yang melihat subsidi yang diberikan kepada pembuat pesawat Airbus Eropa tidak adil.

Salah seorang diplomat Uni Eropa mengatakan Awal pekan ini bahwa Komisi telah memulai persiapan untuk penanggulangan dalam kasus Boeing.

“Bisa dibilang Komisi sedang mempersiapkan lebih awal, diprovokasi oleh AS,” kata seorang diplomat UE seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (13/4/2019).

Akan tetapi, hal itu juga mengisyaratkan terbukanya kesempatan untuk pembicaraan dengan AS, asalkan ini tanpa prasyarat dan bertujuan untuk mencapai hasil yang adil.

Diplomat tersebut melanjutkan, pembahasan Uni Eropa akan fokus pada keluhan World Trade Organization atas subsidi untuk saingan Boeing tersebut. Para arbiter WTO juga belum menetapkan jumlah akhir dari tindakan pencegahan potensial dalam setiap kasus.

Sementara itu, komisi UE diharapkan dapat menerbitkan daftar produk pada 17 April dan memulai proses konsultasi publik, setelah itu daftar itu kemudian bisa disesuaikan.

Jumlah akhir yang diputuskan oleh arbiter WTO juga bisa lebih rendah. UE, awalnya meminta agar WTO mengesahkan tindakan pencegahan sebesar US$12 miliar.

Keputusan arbiter mungkin belum datang sebelum Maret 2020. Dalam kasus A.S., keputusan WTO dapat datang pada bulan Juni atau Juli tahun ini.

Baca Juga:   3 Langkah Atasi PlayStation 4 yang "Hang" akibat Pesan Misterius