Unik, Para Buruh KIARA Ini Kritik Jokowi dengan Poster Lucu

 

Rekanbola.com – Puluhan buruh yang tergabung dalam Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) melakukan aksi unjuk rasa dalam peringatan Hari Buruh, Selasa (1/5).

Berbeda dengan kebanyakan buruh lainnya, KIARA melakukan aksi dengan membawa sejumlah poster unik dengan pesan berupa sindirian ataupun kritik untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas nasib nelayan yang memprihatinkan.

Baca Juga :

15 ARTIS CEWEK MUDA KOREA PALING CANTIK DAN MENGGEMASKAN

“Kita lihat bahwa kondisi nelayan masih ada penindasan, tapi negara acuh. Maka dari itu kita inisiasi bagaimana sampaikan pesan tersebut dengan cara kreatif yang seharusnya negara perhatikan,” kata koordinator lapangan KIARA Fauzi (28) kepada IDN Times, Selasa (1/5) di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (1/5).

1. Poster Dilan untuk kritik upah buruh yang rendah

Unik, Para Buruh KIARA Ini Kritik Jokowi dengan Poster Lucu 

Salah satu poster unik yang dibawa buruh KIARA adalah poster Dilan dengan Milea yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Dalam poster itu bertuliskan “Maaf dek abang belum bisa nikahin kamu. Gaji abang masih rendah”.

Menurut Fauzi (28), poster Dilan itu sebagai kritik kepada Jokowi karena banyak buruh yang belum mendapatkan upah yang layak.

“Poster Dilan buruh tidak bisa melamar dalam waktu dekat. Karena upah belum layak,” kata Fauzi.

2. Sering bagikan sepeda, Jokowi diminta juga perhatikan nasib anak nelayan

Unik, Para Buruh KIARA Ini Kritik Jokowi dengan Poster Lucu 

Poster Jokowi dengan seorang anak dan tulisan “Pak saya gak mau sepeda, saya maunya pekerja perikanan dilindungi,” juga bentuk kritik kepada mantan Walikota Solo itu.

Fauzi berharap Jokowi juga memperhatikan bagaimana nasib keluarga nelayan, khususnya anak dari nelayan yang belum mendapat pendidikan yang layak.

Baca Juga:   Turis Asal Hong Kong Tewas Saat Snorkeling di Filipina

“Karena ada kebiasaan Jokowi bagikan sepeda ke anak-anak, ada anak nelayan atau buruh minta bapak ibunya hak nya dipenuhi negara. Kondisi anak nelayan masih dibawah pendidikan layak,” ujarnya.

3. Sanjungan untuk Menteri Susi yang seperti Wonder Woman

Unik, Para Buruh KIARA Ini Kritik Jokowi dengan Poster Lucu 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti digambarkan sebagai Wonder Woman dalam film garapan DC. Sosok Susi dipuji sebagai sosok yang kuat atas jasanya terhadap nelayan dan perikanan di Indonesia.

Meski demikian, KIARA juga berharap Susi dapat tegas kepada pengusaha yang menindas nelayan.

“Bu Susi adalah wonder woman, wanita kuat yang konsen ke nelayan. Kita minta beliau tegas ke pengusaha yang menindas pengusaha perikanan. Jam kerja panjang, kekerasan, tidak ada perlindungan. Banyak yang hilang nyawa dan cedera permanen seperti lumpuh,” papar Fauzi.

4. Poster unik lainnya untuk Jokowi yang millennial

Unik, Para Buruh KIARA Ini Kritik Jokowi dengan Poster Lucu 

Selain ketiga poster itu masih banyak poster lainnya seperti Hulk, SpongeBob SquarePants, Bob Sadino, Finding Nemo, Jack Sparrow dan Nyai Roro Kidul. Pesan kreatif itu ditunjukkan karena Jokowi identik dengan millennial.

“Idenya bagaimana pak Jokowi yang identik millennial, kita lihat dengan cara sampaikan pesan kreatif pak Jokowi bisa kasih perhatian ke kita,” kata Fauzi.

5. Akan bergerak ke Istana

Unik, Para Buruh KIARA Ini Kritik Jokowi dengan Poster Lucu 

KIARA terdiri dari 40 orang nelayan yang nantinya akan bergerak ke Istana Negara. Mereka akan bergabung bersama Gerakan Buruh untuk Rakyat atau Gebrak pukul 12.00 WIB.

Pesan kreatif kita adalah “Negara Maritim Tapi Nelayan Tidak Dilindungi”. Itu tagline kita hari ini. Kurang lebih 40 orang dari Jakarta, Rembang, Kendal, Indramayu. Nanti jam 12 ke Istana dan bergabung dengan Gebrak,” pungkasnya.

(Sumber : news.idntimes.com)

Baca Juga :