Viral Buka Puasa di Jeddah Dapat 500 Riyal, Apa Benar?

Rekanbola – Foto paket buah, air minum, dan uang Riyal ramai beredar di media sosial. Paket itu disebut berisi uang 500 Riyal dan dibagikan saat buka puasa di Jeddah, Arab Saudi. Apa benar?

Dari foto yang beredar, terlihat ada buah apel, jeruk, dan pisang di paket itu serta sebotol air mineral. Dalam plastik yang sama, ada lembaran uang.

“Buka Puasa di salah satu Masjid di Jeddah, dapat duit 500 real ( kurang lebih Rp. 1.8 juta – 2 juta ),” demikian keterangan yang menyertai foto viral itu.

Viral Buka Puasa di Jeddah Dapat 500 Riyal, Apa Benar?

mengecek kebenaran berita ini dengan mencari rujukan berita berbahasa Inggris dari media Arab Saudi. Namun, tidak ada rujukan berita yang ditemukan.

lalu mengonfirmasi hal ini ke Staf Sekretariat Konsul Jenderal RI Jeddah, Fauzy Chusny. Fauzy mengatakan bagi-bagi buka puasa di masjid dan emperan jalan adalah hal umum di Arab Saudi. Namun, dia tidak pernah melihat ada yang hingga membagikan uang.

“Tidak ada. Kalau kebiasaan masyarakat setempat memberikan buka puasa di masjid-masjid dan di emperan jalan itu umum di Arab Saudi,” kata Fauzy saat dihubungi, Jumat (25/5/2018).

Fauzy juga menerima foto viral itu dari berbagai grup. Menurutnya, itu tak lebih dari hal iseng untuk bercanda.

“Entah dari mana itu gambar diperoleh. Saya kira perbuatan iseng saja,” ungkapnya.

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Yuk Lihat Foto-foto Cantik dan Seksinya Mikha Tambayong saat Berolahraga