Waktu Terbaik Datang Wawancara Kerja yang Disukai HRD

REKANBOLA – Waktu kedatangan di lokasi wawancara saat melamar pekerjaan rupanya punya andil memberi penilaian bagi para manajer perekrutan karyawan. Para pakar setuju bahwa datang 15 menit lebih awal adalah waktu paling ideal untuk memenuhi panggilan wawancara kerja.

Amy Polefrone, CEO HR Strategy Group mengatakan bahwa datang 10-15 menit lebih awal adalah waktu terbaik. Sebab, itu menunjukkan Anda siap dan bersemangat untuk wawancara kerja.

Senada dengannya, dikutip dari Huffington Post, seorang pengajar negosiasi gaji dan mantan manajer perekrutan Josh Doody juga merekomendasikan datang 15 menit lebih awal untuk mengurangi potensi masalah yang mungkin timbul.

Itu karena ada beberapa hal tak terduga yang bisa memakan waktu, seperti check in, naik liftdan lainnya. Wawancara kerja sudah pasti membuat stres, sehingga tiba lebih awal 15 menit bisa menghilangkan stres lainnya yang mungkin muncul.

Namun, pendiri perusahaan SDM PGHR Consulting Phyllis Hartman mengingatkan, jangan pernah datang terlambat saat wawancara kerja. “Datang terlambat benar-benar mengirim pesan buruk, apapun alasannya. Itu menunjukkan kurangnya komitmen,” katanya.

Namun tak cuma datang terlambat, tiba terlalu dini saat wawancara kerja juga bukan hal yang disukai tim yang bertugas melakukan perekrutan atau Human Resource Development (HRD). Polefrone mengatakan bahwa hal itu bisa membuat tim wawancara menjadi gugup dan gelisah.

“Mereka bertanya-tanya, ‘Kenapa dia di sini begitu awal?’ dan itu membuat tim perekrutan yang sudah merencanakan pertemuan lainnya merasa diburu-buru. Mereka juga merasa seperti,’Oh aku perlu menghibur orang ini,” tuturnya.

Pandangan serupa juga dilontarkan Doody. Menurutnya, datang terlalu awal menjadi tanda Anda sangat menginginkan pekerjaan itu atau sebaliknya, sangat putus asa.

Baca Juga:   3 Tips Agar Barang Preloved Kamu Jadi Populer dan Cepat Laku