Warga dekat UIN Ciputat demo menolak digusur, jalanan macet

Rekanbola – Warga RT02/04 Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan mendemo rencana eksekusi lahan yang diduduki warga dan diakui milik Kementerian Agama RI (Universitas Islam Negeri syarif Hidayatullah Jakarta), Selasa (28/8).

Sejumlah ahli waris bersama warga masyarakat Ciputat, berunjuk rasa, dan meminta Pengadilan negeri Tangerang membatalkan rencana eksekusi lahan seluas 1.116 meter persegi itu.

Dengan membawa spanduk membentangkan, mereka menolak rencana eksekusi lahan yang akan dilakukan Pengadilan Negeri Tangerang pada pagi ini.

Diyan (35), ahli waris pemilik lahan yang akan dieksekusi hari ini mengaku akan tetap mempertahankan lahan yang dibeli oleh orangtuanya.

“Sampai titik darah penghabisan kami akan pertahankan hak-hak kami, tanah kami ini sah atas hibah yang diberikan Yayasan Pendidikan Madrasah Islam Indonesia (YPMII),” kata dia, Selasa (28/8).

Feri, koordinator aksi meminta pemerintah untuk menaati proses hukum, yang saat ini tengah berperkara di Pengadilan Jakarta Selatan. Menurutnya, surat eksekusi oleh pengadilan negeri Tangerang tidak sah dan melawan hukum.

Saat ini, dua alat berat sudah disiapkan Pengadilan Negeri Tangerang, untuk mengeksekusi lahan milik 7 kepala keluarga itu. Lahan tersebut, diklaim milik sah warga berdasarkan surat hibah YPPMI tahun 1981.

“Orangtua saya ini dapat hibah, karena waktu itu bersama sama membangun yayasan sekolah. Saat ini malah dibilang kami ilegal dan tidak sah menempati lahan warga,” ucap seorang warga lain.

Jalan sekitar UIN macet

Adanya eksekusi lahan ini membuat perjalanan pengendara di Jalan Ir H. Juanda, Ciputat tersendat.

Aiptu Iwan petugas polisi di lapangan, mengaku terpaksa memberlakukan contra flow di sepanjang jalan depan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca Juga:   Demo Driver Ojek Online Se-Jatim Diwarnai Aksi Bakar Keranda dan Ban

“Karena macet, kebijakan pimpinan untuk menutup sementara jalan, dan memberlakukan contra flow,” katanya, Selasa (28/8).

Terpantau, saat ini lalu lintas jalan di JL Ir H. Juanda, tepatnya di depan UIN Jakarta, dari Ciputat menuju Pasar Jumat tersendat. Dari dua lajur jalan yang berada di depan UIN ditutup. Sementara pengendara dialihkan dengan melintasi lajur berlawanan (contra flow).