Warga Korsel Segera Nikmati Kecepatan Internet 10 Gbps

Rekanbola , Jakarta – Warga yang tinggal di Korea Selatan akan semakin dimanjakan oleh akses internet super cepat. Koneksi internet dengan kecepatan hingga 10 Gbps akan hadir tahun ini di Negeri Gingseng itu.

Adalah SK Broadband, salah satu penyedia layanan dalam jaringan di Korea Selatan, yang akan menghadirkan koneksi internet kecepatan tinggi di negara tersebut. Sebagai permulaan, perusahaan ini memutuskan untuk meluncurkan terlebih dahulu koneksi internet dengan kecepatan 2,5 Gbps. Setelahnya, pada Semester II 2018, internet dengan kecepatan 5 dan 10 Gbps baru akan dihadirkan.

Jika 10 Gbps diandaikan sebagai kecepatan tertinggi yang bisa dicapai dalam mengakses internet, maka angka tersebut merupakan peningkatan lebih dari 80 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data dari Akamai, pada 2017, Korea Selatan hanya mampu mencatatkan kecepatan internet tertinggi pada 121 Mbps.

Internet kecepatan tinggi tersebut dapat diwujudkan dengan menerapkan teknologi gigabit passive optical network (GPON) sebagai pengganti Ethernet. SK Broadband mengklaim bahwa GPON dapat memberikan kecepatan internet hingga 52,5 Gbps untuk 128 rumah hanya dengan menggunakan satu kabel atau inti.

Perusahaan yang berbasis di Seoul tersebut juga menyebutkan bahwa jika koneksi internet untuk satu rumah digunakan terhadap berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, hingga speaker pintar, maka tiap gadget akan kebagian kecepatan maksimal 1 Gbps. Sedangkan rataan untuk satu perangkat dalam kondisi tersebut adalah 833 Mbps.

Jika 833 Mbps diandaikan sebagai kecepatan rata-rata dalam mengakses internet, maka angka tersebut merupakan peningkatan hampir 30 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data dari Akamai, pada 2017, Korea Selatan hanya mampu mencatatkan kecepatan internet rata-rata pada 28,6 Mbps.

Baca Juga:   Jejak Digital Sulit Dihapus, Hati-hatilah Berucap di Internet

Menariknya, SK Broadband bukan satu-satunya penyedia layanan internet dengan kecepatan 10 Gbps. Saingannya, Korean Telecom (KT), juga berencana meluncurkan layanan serupa pada September mendatang.

Keputusan kedua perusahaan tersebut dalam meluncurkan layanan internet kecepatan tinggi sedikit banyak mendapat dorongan dari pemerintah. Hal tersebut tampak dari sebuah penguguman dari pada beberapa waktu yang lalu.

Para pemegang kekuasaan di negara yang terkenal dengan K-Pop tersebut mengatakan bahwa akan mendukung proyek percepatan internet hingga 10 Gbps untuk kebutuhan komersial. Di samping itu, Korea Selatan pun sudah berencana untuk meluncurkan 5G secara komersial untuk publik tahun depan.

 

(Sumber : Detik.com)

Baca Juga :