Wenger Anggap Pemain Besar Sudah Kelewat Superior di Klub

Rekanbola – Mantan bos Arsenal, Arsene Wenger, merasa bahwa seorang pemain sepak bola besar zaman sekarang seperti punya kuasa di dalam klub. Ia menggambarkannya seperti “sebuah klub di dalam klub”, dengan Cristiano Ronaldo sebagai contohnya.

Sejak memutuskan mundur dari Arsenal, Wenger hingga saat ini masih menganggur. Hal itu dikarenakan pelatih asal Prancis tersebut belum ingin mengambil tawaran apapun hingga bulan Januari mendatang.

Semasa dirinya melatih Arsenal, yang berdurasi 22 tahun, ia sudah melatih banyak pemain kelas dunia. Mulai dari Patrick Vieira, Dennis Bergkamp, hingga Thierry Henry. Ia juga sukses mempersembahkan total 10 gelar, tiga di antaranya merupakan juara Premier League.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

 

Punya Kuasa Besar

Mengenai pemain-pemain di zaman sekarang, Wenger memiliki pendapat tersendiri. Baginya, beberapa pemain di zaman sekarang memiliki kuasa besar seolah mereka telah menjadi sebuah klub baru di dalam klub yang mereka bela.

“Banyak yang saya tak ketahui, tetapi mereka punya lebih banyak dan tidak ada yang bisa membantahnya,” jawab Wenger kepada beIN Sportsaat ditanya soal pemain yang memiliki kuasa berlebih.

“Zaman sekarang, pemain besar pada dasarnya adalah klub di dalam klub. Kenapa? Karena mereka punya media sosialnya sendiri, kadang punya fisioterapi sendiri, punya pelatih kebugaran sendiri. Ada struktur klub di dalam klub,” sambungnya.

“Ada perbedaan antara fanbase lokal dan dunia. Fanbase dunia menjadi sedikit individual. Contohnya, saat Ronaldo pergi dari Real Madrid ke Juventus, penggemarnya turut ikut ke Juventus,” lanjutnya.

 

Perlakuan Lebih Spesial

Hal itu, diyakini Wenger, akan berpengaruh besar terhadap pendekatan pelatih terhadap pemainnya. Ia menganggap para pelatih harus memberikan perlakuan selayaknya seseorang yang spesial.

Baca Juga:   Mantap! Firmino Rayu Alisson Agar Mau Pindah ke Liverpool

“Anda harus lebih meyakinkan [sebagai pelatih]. Sebelumnya lebih vertikal dan sekarang semakin horizontal. Itu artinya anda harus memperlakukan pemain seperti jutawan,” tambahnya.

“Saya percaya pemain secara keseluruhan telah menjadi lebih profesional, sepak bola pun menjadi semakin lebih baik,” tandasnya.

Hal itu dirasakan Juventus saat memboyong Ronaldo dari Real Madrid pada bursa transfer kemarin. Akun media sosial sang juara bertahan Serie A tersebut dilaporkan mengalami kenaikan drastis begitu berita resmi soal kepindahannya diumumkan ke publik.