Wow! Lukisan Karya Monet Ini Laku Rp 1,6 T

REKANBOLA – Salah satu dari beberapa lukisan dalam seri “Haystacks” hasil karya pelukis Claude Monet terjual seharga US$110,7 juta (Rp 1,6 triliun) dalam sebuah lelang, Selasa (14/5/2019). Capaian ini menjadi rekor bagi sebuah karya impresionis.

Harga itu juga menjadi angka termahal yang pernah dibayar dalam sebuah lelang untuk lukisan karya Monet, pelukis impresionisme Prancis yang meninggal dunia pada 1926 di usia 86 tahun.

Lukisan menggunakan cat minyak berjudul “Meules” dan selesai pada tahun 1890, itu adalah karya seni impresionis pertama yang dihargai lebih dari US$100 juta dalam sebuah lelang, kata Sotheby’s, yang menangani penjualannya, dilansir dari Rekanbola.

“Meules” adalah satu dari 25 lukisan dalam rangkaian yang menggambarkan tumpukan gandum yang dipanen milik tetangga Monet di Giverny, Prancis.

Karya-karya tersebut diakui secara luas karena menggambarkan permainan cahaya pada subjeknya dan untuk pengaruhnya pada aliran impresionis.

Sebagian besar karya dalam seri ini telah lama dipajang di museum-museum top dunia, dari Getty Center di Los Angeles hingga Musee D’Orsay di Paris dan Metropolitan Museum of Art di New York.

“Meules” adalah satu dari hanya empat lukisan yang muncul untuk dilelang abad ini.

Sotheby’s mengatakan lukisan itu dibeli oleh seorang sosialita Chicago yang kaya langsung dari dealer Monet pada tahun 1890-an dan tetap berada di keluarga itu sampai dibeli di pelelangan pada tahun 1986 oleh penjualnya saat ini dengan harga US$2,53 juta.

Rumah lelang belum dapat mengidentifikasi pembeli lukisan itu, yang mengalahkan lima penawar lain dalam lelang selama delapan menit di New York City.

Baca Juga:   Gaya Piknik Melania Trump di Perayaan HUT AS, Gaun Rp 40 Juta Jadi Andalan