Xbox One Bakal Bisa Dipasangi Mouse dan Keyboard

REKANBOLA – Para pengguna Xbox One tak lama lagi akan dapat memainkan game dengan menggunakan keyboard dan mouse, layaknya bermain dalam sebuah PC. Microsoft memastikan bahwa mereka tengah mengembangkan dukungan untuk penggunaan keyboard dan mouse.

Kabar ini datang lewat pengumuman resmi yang diungkap oleh Wakil Presiden Eksekutif Gaming di Microsoft, Phil Spencer lewat tayangan streaming di Xbox Livestream.

Dikutip KompasTekno dari IGN, Rabu (26/9/2018), menurutnya dukungan ini masih dalam tahap uji coba yang juga melibatkan para pengguna. Beberapa pengguna terpilih akan bertindak sebagai penguji dan dapat mencoba fitur ini dalam beberapa waktu ke depan.

Dalam menghadirkan dukungan ini, Microsoft pun akan bekerja sama dengan produsen perangkat gaming asal Singapura, Razer. Sehingga para pemilik Xbox One dapat menggunakan mouse dan keyboard yang kompatibel lewat fitur Chroma dari Razer.

Nantinya fungsi ini akan kompatibel dengan semua mouse dan keyboard yang bisa berjalan di sistem operasi Windows 10. Namun semua itu juga bergantung pada para pengembang yang membuat game tersebut.

Agar pengguna Xbox One dapat menggunakan kedua input ini, para pengembang game harus memodifikasi game buatannya agar bisa dimainkan dengan keyboard dan mouse.

Jika tidak, dukungan ini tak akan dapat digunakan dan pengguna hanya dapat memainkan game dengan stick seperti biasanya.

“Input mouse dan keyboard tidak hadir secara otomatis di dalam games. Para pengembang adalah orang yang paham tentang game dan kami mendukung untuk membuat pengalaman bermain game yang lebih optimal,” ungkap Jason Ronald, Direktur Program & Management Xbox dikutip KompasTekno dari The Verge.

Selama ini tidak adanya dukungan untuk penggunaan keyboard dan mouse memang menjadi masalah untuk para penikmat game konsol. Beberapa jenis game seperti game FPS memang akan lebih maksimal jika dimainkan dengan menggunakan keyboard dan mouse.

Baca Juga:   5 Alasan Psikologis Kenapa 'Stalking' Medsos Bisa Menyenangkan

Kendati demikian Microsoft belum membeberkan secara detail kapan dukungan ini akan dirilis secara resmi.

Namun dalam sebuah postingan di akun Twitter resmi Razer, kedua perusahaan ini akan memberi rincian lebih jelas soal rencana ini pada November mendatang. Kita tunggu saja.