Xhaka Diminta Lebih Banyak Bergerak Jika Tak Ingin Jadi Cadangan Arsenal

Rekanbola – Mantan pemain Arsenal, Ray Parlour menilai ada satu celah besar dalam permainan Granit Xhaka di skuat The Gunners. Menurutnya Xhaka adalah pemain yang tak banyak bergerak di lapangan, dan dia menuntut Xhaka mengubah kebiasaan ini jika ingin mempertahankan tempatnya di skuat Arsenal.

Arsenal menatap babak baru di bawah bimbingan Unai Emery. Gaya Bermain Arsenal saat ini sudah jauh berbeda dari era Arsene Wenger. Kini pemain Arsenal dituntut lebih banyak bergerak menekan lawan dan lebih berani menguasai bola.

Inilah yang menjadi titik lemah Xhaka. Pemain berdarah Swiss itu selalu dikenal sebagai gelandang yang tak banyak berlari. Xhaka lebih andal mengirimkan umpan-umpan lambung dan memutus serangan lawan.

Baca lanjutan komentar Parlour soal situasi Xhaka di bawah ini:

Membuang Bola

Granit Xhaka menyesali kekalahan Arsenal.

Menurut Parlour, Xhaka sedikit kesulitan beradaptasi dengan gaya sepak bola anyar Arsenal. Dia menilai kini Xhaka lebih sering membuang bola tak jelas, kesalahan yang sebenarnya tak boleh dilakukan pemain tengah.

“Xhaka sedikit terlalu sering membuang bola dalam sistem baru yang mengandalkan permainan dari belakang ini. Dan jika bisa dia harus lebih banyak bergerak,” ujar Parlour di tribalfootball.

Baca JugaClaudio Bravo Cedera, Manchester City Bidik Keylor Navas?

“Namun dia harus bisa menguasai bola di area-area tersebut (lapangan tengah). Dibandingkan dengan Matteo Guendouzi, yang tampil impresif selama pramusim, dia (Xhaka) tidak energik juga tak banyak bergerak.”

Diganti

Granit Xhaka.

Lebih lanjut, Parlour menilai Emery adalah pelatih tegas yang tak segan menarik keluar pemain yang tak melakukan tugasnya dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk Xhaka. Oleh sebab itu dia menyarankan Xhaka segera meningkatkan kemampuannya.

Baca Juga:   Bagi Frank Lampard, Jose Mourinho Tetap yang Terbaik

“Jika dia (Xhaka) tak melakukan tugasnya, Emery sudah menunjukkan padanya bahwa dia akan ditarik keluar – Emery melakukan itu padanya di paruh waktu saat melawan Chelsea.”

Baca Juga : Dua Pemain Ini Diklaim Bisa Akhiri Dominasi Ronaldo dan Messi di Ballon D’Or

“Dan dengan adanya Lucas Torreira, yang saya pikir cepat atau lambat akan bermain sejak awal, Xhaka bisa saja ditinggalkan,” tutup Parlour.

Hingga kini, Arsenal masih tampak berusaha mencoba berbagai pilihan formasi. Belum ada nama pasti yang akan jadi bagian utama skuat Arsenal.