Yudi curi perkakas tetangga untuk beli rokok

Rekanbola – Yudi (33), pria pengangguran yang tinggal di Jalan Pelabuhan RT 12, Samarinda, Kalimantan Timur, berurusan dengan polisi. Dia nekat membobol rumah tetangganya dan mengambil perkakas untuk dijual.

Uang penjualan perkakas itu untuk keperluan sehari-hari Yudi, termasuk urusan merokok. Yudi kemudian diciduk kepolisian, Senin (17/9) kemarin.

Pelaku ditangkap setelah pemilik rumah, melapor dua hari sebelumnya, Sabtu (15/9), di hari yang sama usai kejadian. Saat itu, rumah korban sedang ditinggal pergi.

“Kejadiannya seperti dilaporkan korban, sekitar jam 10 pagi,” kata Kanit Reskrim Polsek Samarinda Kota, Ipda Purwanto, kepada rekanbola, Selasa (18/9) sore.

Yudi, yang kesehariannya menganggur itu, tidak berkutik saat dibekuk di rumahnya. Kebutuhan sehari-hari, dirasa pelaku Yudi, sangat mendesak. Bahkan, untuk urusan duit membeli rokok pun, Yudi tidak punya uang cukup.

Purwanto menjelaskan, pelaku Yudi memasuki rumah korban, Alisahbana, dengan cara membongkar rumah korban, yang ditinggal kosong. “Padahal, rumah korban saat itu dalam keadaan terkunci,” ujar Purwanto.

Tidak tanggung-tanggung. Yudi, menggondol perkakas rumah korban. Mulai dari rak piring, kipas angin, serta 1 set kunci-kunci bengkel milik korban dan juga pakaian. “Kalau dari laporan kerugian, korban mengalami kerugian sekira Rp 3,4 juta,” ungkap Purwanto.

Selain menangkap pelaku Yudi, kepolisian juga menemukan barang-barang korban yang sudah dicuri, dan menyitanya sebagai barang bukti. Yudi terendus, setelah warga sekitar melihat gelagatnya yang mencurigakan.

Pelaku kini meringkuk di penjara sementara Polsek Samarinda Kota, setelah dijerat dengan pasal 363 tentang Pencurian dengan Pemberatan. “Kasusnya sedang kita kembangkan (soal dugaan tersangka Yudi pernah beraksi di tempat lain),” pungkasnya.

Baca Juga:   KLHK gerebek tambang ilegal di Kukar, sita 3 alat berat & tetapkan 2 tersangka