10 Benda Jaman SD Yang Pernah Berjasa Untuk Anda

Rekanbola – Bicara jaman sekolah, tentunya ada banyak cerita. Dulu, tidak banyak gadget seperti tab atau smartphone. Bahkan komputer hanya digunakan di kalangan tertentu.

Yang disebut ‘gadget’ itu adalah benda-benda sederhana yang memudahkan kita melakukan apapun. Dan di masa kecil, banyak hal masih dilakukan secara manual.

Mari sejenak bernostalgia. Ada banyak benda jaman SD yang berjasa bagi kita dan mungkin menyimpan kenangan tersendiri. Apa saja? Kami rangkum dalam 10 benda kenangan jaman SD yang ngangenin ini.

1. Rautan Pensil Bundar

Rautan pensil paling ekonomis dan handy di jaman sekolah. Siapa yang pernah punya? Benda ini punya cermin kecil di belakangnya, lumayan untuk ngaca-ngaca.

Punya rautan macam begini juga untung-untungan. Kadang ada yang bisa meraut dengan baik dan tajam, ada juga yang tumpul. Konon, jangan ditiup rautannya, nanti tidak setajam pertama kali dipakai.

2. Pensil Isi Ulang

Ini adalah benda jaman SD yang fancy banget. Tapi dulu, banyak yang punya. Kalau pensil batangan HB atau 2B harus diraut, pensil ini pakai sistem isi ulang. Kalau kurang satu saja isinya, walhasil nggak bisa dipakai lagi.

Problematika pensil ini di jaman dulu adalah ketika ujungnya pecah. Akhirnya kita menulis dengan trik khusus supaya isi pensil tidak bengkok keluar. Ah, penuh perjuangan ya..

 

3. Legenda ‘Setip’ Jaman SD

Anak-anak SD pasti ngerti banget bagaimana hidup berdampingan dengan penghapus atau setip ini.

Ada penghapus putih hijau yang konon bagian hijaunya jangan dipakai menghapus, nanti malah kotor. Ada pensil HB berujung penghapus pink, ini juga seringnya menghapus dengan tidak bersih.

Ada juga penghapus bolpoin. Warnanya orange bata dan biru atau biru semua. Penghapus ini ampuh, tapi juga bisa melubangi kertas. Alamaak deh kalau kejadian waktu ujian. Jaman dulu EHB (evaluasi hasil belajar) masih pakai kertas yang mudah terkikis.

Jangan lupa, supaya tidak hilang, kalau punya penghapus, bagian putihnya dinamai dengan bolpoin. Kalau beli penghapus besar, kadang dipotong jadi beberapa bagian, buat serepan katanya. Hayo, siapa yang dulu seperti itu? Atau, ada juga yang pakai karet gelang sebagai penghapus?

 

4. Uang Koin

Jaman dulu, uang koin Rp 100 sudah sangat mewah untuk anak SD. Beli permen bisa dapat 4, beli jajan sejenis Krip-Krip bisa dapat 2-4 bungkus. Beli bakso atau pentol bisa dapat 1-4 buah. Ah, alangkah makmurnya jajanan masa SD dulu.

Selain untuk jajan, uang ini bisa untuk main. Uangnya diletakkan di bawah kertas, kemudian diarsir pakai pensil. Supaya muncul motifnya di kertas. Selain itu, kita juga bisa menggunakan uang logam untyuk buku kecil ini.
Uang koin digesek di atas buku sehingga muncul gambarnya. Pernah melakukan ini?

 

5. Tas Koper

Masih ingat tidak tren tas koper jaman SD? Dulu tas ini adalah sempat ngehits di kalangan anak SD. Anti hujan, rapi seperti orang kantoran dan yah.. kelihatan keren aja kalau sekolah pakai tas koper.

Padahal kalau dipikir, berat juga harus jinjing tas koper ke mana-mana. Tapi image rajin dan fungsi sampingan sebagai tempat duduk, bikin tas koper jadi keren banget jaman dulu.

 

6. Buku Pintar dan RPAL

Yah, sudah kelihatan jelas kan captionnya? Karena jaman dulu kita nggak bisa tanya ‘Mbah Google’ maka ada buku-buku pengetahuan umum seperti ini. Jaman dulu pelajaran masih lebih mudah menemukan jawabannya.

Selama kita bisa hafal beberapa hal yang ada di buku ini, kemungkinan ujian sekolah bisa dijalani dengan mulus. Mulai dari rumus matematika, daftar ibukota negara, kumpulan peribahasa dan sebagainya.

 

7. Kotak Pensil

Kotak pensil jaman SD adalah salah satu benda jadul yang sangat berjasa. Ada yang terbuat dari seng sehingga kalau jatuh, bunyinya bikin geger seisi kelas.

Ada juga yang terbuat dari plastik dengan tutup magnet. Aneka kotak pensil ini walaupun sederhana dan seperti figuran dalam kehidupan masa sekolah, tapi adalah salah satu benda kenangan yang menemani kita selama sekolah.

 

8. Bolpoin Lampu dan Bolpoin Wangi

Ternyata, sejak jaman SD, kita sudah banyak diincar oleh produsen alat tulis. Tidak hanay menjual bolpon biasa, dulu juga ada 2 jenis bolpoin ini.

Bolpoin lampu banyak memikat anak kecil, karena bisa menyala saat digunakan. Sedangkan bolpoin wangi banyak disukai anak perempuan. Sayangnya bolpoin ini ditarik dari peredaran karena konon mengandung zat berbahaya.

 

9. Sepatu Yang Bisa Menyala

Selain tas koper, sepatu yang bisa menyala saat diinjakkan ke bumi adalah salah satu tren yang jadi penyemangat anak-anak bangsa bersekolah. Karena itulah sepatu ini boleh dibilang banyak berjasa bagi kita.

Mungkin ada di antara kita yang mati-matian ngejar nilai rapot atau merayu orang tua demi bisa beli sepatu ini. Apakah Anda juga pernah punya sepatu ini?

 

10. Bangku Sekolah

Yang terakhir adalah bangku sekolah. Disadari atau tidak, benda ini banyak berjasa selama kita sekolah. Dia jadi saksi bisu persahabatan atau kemelut kita dengan teman sebangku.

Saksi bisu upil-upil dan permen karet yang sengaja disembunyikan di bawah bangku dan menemani kita selama sekolah.

Dan, mungkin ada juga di antara Anda yang pernah menulis pesan iseng dengan bolpoin atau tipe x. Atau bahkan menuliskan nama cinta monyet Anda di masa kecil.

Itulah beberapa benda di jaman SD yang banyak mengisi hari-hari sekolah kita. Masih banyak lagi benda kenangan yang pernah berjaya di masa SD dan sudah jarang kita temukan ada di kalangan anak SD jaman sekarang. Kalau Anda, apakah punya benda seru lainnya saat masih sekolah?

 

( Sumber : Brilio.net )