10 Buah ini ampuh turunkan kolesterol setelah santap hidangan Lebaran

REKANBOLA – 

Lebaran merupakan momen merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa. Perayaan Lebaran bermacam bentuknya. Mulai dari mengunjungi keluarga, berwisata, hingga saling memberi hadiah.

Kehangatan momen Lebaran juga tampak pada jamuan di setiap rumah tetangga atau saudara. Saat Lebaran, biasanya orang terdekat berkumpul untuk makan bersama. Berbagai hidangan khas lebaran seperti ketupat sayur, opor, rendang, dan sambal ati nggak boleh ketinggalan dong.

Makan besar saat Lebaran menjadi ajang memuaskan nafsu makan. Sayangnya, makanan khas Lebaran banyak yang mengandung kolesterol tinggi. Wah, bahaya bagi tubuh dong?

Jangan khawatir, kolesterol tinggi bisa diatasi kok. Caranya yakni senantiasa mengonsumsi buah-buahan yang menurunkan kolesterol. Apa saja sih buah yang ampuh menurunkan kolesterol? Yuk, simak informasinya berikut sebagaimana disarikan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/6).

1. Jeruk nipis.

foto: merdeka.com

Jeruk nipis mengandung flavonoid yang menghambat produksi kolesterol. Kandungan vitamin C yang tinggi juga ampuh melawan kolesterol. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi jeruk nipis dalam aneka olahan, misalnya jeruk hangat.

2. Jambu biji.

foto: merdeka.com

Jambu biji mengandung vitamin E, vitamin C, karotenoid, flavonoid, selenium, dan likopen yang baik untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi jus jambu biji secara rutin selama 2 bulan dapat menurunkan kandungan kolesterol lebih dari 50%.

3. Anggur.

foto: khasiatsehat.com

Selain manis, anggur punya manfaat baik untuk menurunkan kolesterol. Pasalnya buah lezat ini mengandung flavonoid.

4. Delima.

foto: alodokter.com

Buah asam segar satu ini kaya akan antioksidan. Kandungan oksida nitrat dapat menurunkan kolesterol serta membersihkan plak dalam aliran darah.

5. Mangga.

foto: vemale.com

Mangga kaya akan vitamin C dan dapat menurunkan kolesterol. Buah ini juga baik untuk pencernaan karena mengandung banyak serat.

Baca Juga:   5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Konsisten Berbuat Baik

6. Berry.

foto: nicohit.co.uk

Berry terkenal kaya pterostilbene dan antioksidan. Buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke akibat kolesterol.

7. Alpukat.

foto: merdeka.com

Alpukat memang mengandung banyak lemak. Namun lemak dalam alpukat menaikkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung omega 9 yang menjaga kadar gula darah.

8. Zaitun.

foto: merdeka.com

Zaitun mengandung hydroxytyrosol yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan tidak menghilangkan kolesterol baik. Kandungan vitamen E pada buah ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik lho.

9. Tomat.

foto: merdeka.com

Senyawa likopen dalam tomat ampuh mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Kalium dan vitamin B dalam tomat baik untuk menurunkan koletrol jahat dan tekanan darah tinggi.

10. Mengkudu.

foto: merdeka.com

Sekilas bau mengkudu memang kurang sedap. Namun buah ini menyimpan kandungan Xeronine yang ampuh untuk menurunkan kolesterol.