Rekanbola.com – Di balik gemerlap dunia modern, beberapa suku di dunia masih hidup dengan kondisi memprihatinkan dan terisolasi dari dunia luar. Sebagian harus merelakan wilayah mereka untuk berburu hingga bercocok tanam terkena dampak proyek manusia modern yang mencaplok kawasan mereka.

Keberadaan mereka masih tetap diakui, meski sebagian dari suku-suku terisolasi tersebut lebih memilih menutup diri dari manusia modern. Bahkan, mereka tak segan menyerang penyusup ke wilayah mereka dengan serangan mematikan, seperti panah misalnya.

Tapi suku mana saja yang terasing dari kehidupan modern? Bahkan mereka lebih memilih hidup dengan kondisi yang semakin terjepit dan menjelang punah.

Berikut 10 suku tersebut seperti dilansir duniabola99.net dari listamaze, Senin (5/2).

1. Suku Ishi.

Suku ini merupakan penduduk Amerika asli Yana dari negara bagian California. Mereka dianggap suku Indian liar generasi terakhir di abad modern.

2. Suku Surma.

Kelompok siku di Sudan dan Ethiopia ini punya budaya unik, mereka dihadapkan dengan ritual menancapkan lempengan kayu di bibir sebagai simbol kecantikan.

3. Suku Mayoruna.

Kelompok ini total populasi tersisa sekitar 2.200 orang dan tinggal di hutan Amazon. Mereka menjadi salah satu benteng kuat dan kokoh bagi mereka oknum pelaku pelanggaran ilegal di hutan Amazon.

4. Suku Nukak-Maku.

Suku di daerah tropis Hutan Amazon ini diperkirakan akan segera punah, penyebabnya adalah malnutrisi dan penyakit mematikan yang menimpa mereka.

Lahan bercocok tanam mereka di hutan juga semakin menyempit karena ekspansi orang modern. Tak ada lagi lahan memancing dan berburu, semua terkikis oleh peradaban.

5. Suku New Guinea.

Sekitar 312 kelompok suku New Guinea masih hidup terasing di zaman modern ini. Mereka sulit dilacak dan hidup di kepulauan. Perilaku kanibalisme masih berlaku di suku ini.

Baca Juga:   Perayaan 100 Tahun Bauhaus Digelar Mulai Januari

6. Suku Pintupi Nine.

Kelompok ini ditengarai berada di Australia bagian barat, namun hingga kini posisi mereka tak terlacak. Selain itu, mereka disebut juga dengan suku-suku yang telah hilang namun diyakini masih ada bersembunyi di daerah-daerah yang belum terdeteksi manusia modern.

7. Suku Yanomami.

Suku ini merupakan yang paling terisolasi. Mereka tinggal di hutan hujan Amerika Selatan dan jumlah penduduknya sangat tinggi.

8. Suku Zoe.

Suku ini terbilang kelompok kecil mencapai ratusan orang, tapi mereka terbilang aman karena wilayah teritorial untuk bertahan hidup di bagian utara hutan Amazon masih terjaga.

9. Suku Ayoreo.

Suku ini mendiami Bolivia dan Paraguay. Populasinya mencapai ribuan orang dan hidup terisolasi. Apalagi sejak penebangan pohon dan pembukaan lahan hutan semakin masif sehingga mereka terpaksa menyingkir.

10. Suku Sentinel.

Keberadaan suku ini disinyalir hidup di Pulau Sentinal Teluk Benggala. Suku Sentinal sangat tertutup terhadap orang asing, dan mereka tak segan membunuh penyusup ke pulau mereka dengan tembakan panah mematikan.

Baca Juga :

 

 

Hasil gambar untuk MInion logo