11 Cara Memutihkan Kulit Wajah Pria, Nggak Malu Muka Kusam Terus?
Rekanbola – Siapa bilang pria nggak ingin punya kulit putih? Menurut antropolog Amerika Nina Jablonski dalam buku Living Color-nya versi 2012, sejak zaman kuno, pria khususnya di Asia, punya keinginan untuk punya kulit cerah. Pada saat itu, warna kulit memang bisa menunjukkan kelas sosialnya.

Di Jepang (794-1185 M) dan Tiongkok (1368–1644), pria tampan divisualisasikan memiliki kulit putih atau pucat. Dalam satu epik Filipina yang tak bertanggal, pahlawan juga menutupi wajahnya dengan perisai sebagai cara memutihkan kulit wajah pria. Supaya sinar matahari tidak merusak wajah tampannya.

11 cara memutihkan kulit wajah pria yang gampang dan bisa dicontek

Sebenarnya, tak ada bedanya dalam cara memutihkan kulit wajah pria dan wanita. Perawatan sederhana di bawah ini bisa kamu tirukan dengan mudahnya. Hasil nyatanya juga sudah terbukti, tidak sekadar jadi “katanya”.

1
Gunakan jeruk nipis yang kaya vitamin C untuk mencerahkan wajah

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C, bisa jadi salah satu cara memutihkan kulit wajah pria. Peras sebuah jeruk nipis di atas kapas, oles di wajah. Biarkan 5 menit dan bilas dengan air bersih.

Kamu bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti madu dan timun untuk mendapatkan efek yang lebih manjur.

2
Allantonin dalam tepung beras juga bisa digunakan untuk perawatan wajah pria

Kandungan allantonin, vitamin B, dan tirosinase dalam tepung beras akan mencerahkan wajahmu secara alami.

Caranya semudah dengan mencampur tepung beras dengan madu dan susu hingga menjadi pasta. Oleskan ke seluruh wajah selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

3
Bengkoang juga bisa membuat wajah jadi cerah

Buah berwarna putih yang satu ini memang dikenal dapat mencerahkan wajah secara efektif. Kamu bisa menggunakan masker bengkoang murni atau membeli yang sudah jadi.

Baca Juga:   Wah! Restoran Ini Punya Hutang Rp 1.1 M Gara-gara Promo 'All You Can Eat'

Keduanya sama-sama bisa membuat wajahmu terlihat lebih cerah kok, guys. Santai saja.

4
Masker mentimun bisa membuat wajah cerah sekaligus segar

Selain enak dijadikan lalapan, timun dikenal punya agen pencerah alami yang baik untuk tubuh. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit wajah pria secara alami.

Kamu tinggal mengiris tipis dan tempelkan ke seluruh wajah. Tunggu selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

5
Paling praktis dengan mengaplikasikan sheet mask yang kaya akan nutrisi pemutih wajah

Kalau nggak sabar mendapat dapat hasil instan, kamu rutin bisa gunakan sheet mask. Lembaran masker dengan lubang di bagian mata dan mulut ini akan membuat wajahmu cerah.

Mengandung essence dan serum yang berlimpah, wajah jadi  kenyal dan sehat dalam sekali pemakaian.

6
Melakukan eksfoliasi dengan scrub kopi

Wajah kusam disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati di kulit. Kamu bisa melakukan scrub secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati ini.

Gunakan scrub dengan bahan alami seperti kopi yang bisa mencerahkan wajah. Campur bubuk kopi dan air mawar, oleskan ke seluruh wajah. Sudah!

7
Madu bisa mengatasi pigmentasi yang terjadi di kulit

Cara memutihkan kulit wajah pria yang paling mudah dengan menggunakan masker madu. Sari manis dari lebah ini ampuh atasi kulit yang gelap akibat paparan sinar matahari.

Tinggal oleskan ke wajah dan diamkan masker ini selama 15 menit. Setelah dirasa agak kering, baru bilas hingga bersih.

8
Gunakan masker susu campur madu sebanyak dua kali seminggu
9
Bukan sekedar mitos, mengkonsumsi jeruk nipis dan madu bisa membuat wajah cerah alami

Selain untuk kosmetik dan masker, kamu bisa mengonsumsi ramuan jeruk nipis dan madu secara rutin.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat mencerahkan wajah dari dalam. Kamu bisa meminumnya pagi dan malam hati untuk hasil maksimal.

10
Nggak cuma dari luar, kamu bisa mencerahkan wajah dengan konsumsi suplemen

Minum obat | via: www.unsplash.com

Ada beberapa suplemen khusus yang bisa mencerahkan wajah dari dalam. Dengan rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan glutathione berdosis tinggi, diklaim bisa mencerahkan wajah dengan cepat.

Meski begitu, kamu perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena suplemen ini termasuk obat keras.

11
Gunakan moisturizer yang mengandung vitamin B3 dan SPF

Pakai pelembap | via: www.pexels.com

Siapa bilang pria nggak butuh pelembap? Aktivitas padat dan sering berada di luar ruangan membuat wajah dan kulit jadi kering. Agar kelembapan alami kulit terjaga, pakai pelembap khusus pria. Pastikan mengandung B3 dan SPF agar dapet mencerahkan wajah sekaligus.

Berbagai cara memutihkan kulit wajah pria di atas tadi, bisa kamu segera kamu praktiikan di rumah. Tanpa kosmetik yang mahal, muka pria bisa kok kelihatan cerah alami setiap hari. Sudahi wajah kusammu dengan melakukan perubahan kecil ini, guys.