3 Terdakwa Suap Pemulusan APBD Jambi Hadapi Sidang

Rekanbola.com – Terdakwa kasus pemulusan pengesahan APBD Jambi 2018 akan menghadapi sidang perdana hari ini. Ketiganya diduga berperan sebagai pemberi suap untuk ‘duit ketok’ ke anggota DPRD Jambi.

“Rabu, 14 Februari 2018 diagendakan persidangan perdana untuk 3 orang terdakwa dalam kasus dugaan suap terkait pengesahan RAPBD Jambi tahun anggaran 2018 dengan terdakwa Saipudin (Asisten Daerah 3 Jambi nonaktif), Erwan Malik (Plt Sekda Jambi nonaktif), dan Arfan (Plt Kadis PUPR Jambi nonaktif),” kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, Rabu (14/2/2018).

Pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) untuk ketiganya dilaksanakan di Jambi. Peran ketiganya dalam kasus ini segera diuraikan dalam dakwaan yang akan dibacakan hari ini. “Pembacaan dakwaan akan dilakukan di Pengadilan Tipikor Jambi,” imbuh Febri.

Kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan (OTT). KPK menduga ada ‘duit ketok’ yang digunakan untuk memuluskan pengesahan APBD 2018.

Duit yang diduga berasal dari rekanan Pemprov Jambi ini dimaksudkan agar anggota DPRD Provinsi Jambi menghadiri rapat pengesahan APBD Jambi 2018. Total ada Rp 4,7 miliar yang diamankan KPK dari jumlah yang seharusnya Rp 6 miliar.

Dalam kasus ini KPK menetapkan 4 tersangka. Satu tersangka lainnya yaitu Anggota DPRD Jambi Supriono, disangka menerima aliran duit ketok itu.

KPK juga telah mengembangkan perkara dari kasus yang terungkap lewat operasi tangkap tangan (OTT) ini. Beberapa orang juga telah diperiksa, termasuk salah satunya Gubernur Jambi Zumi Zola.

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo