4 Alasan 3D Touch Adalah Salah Satu Fitur Terbaik Apple!

REKANBOLA – Sejak pertama kali diperkenalkan beberapa tahun lalu di iPhone 6s, fitur 3D Touch dari Apple merupakan fitur yang bisa dibilang cukup diperdebatkan keberadaannya. Apple dianggap sok-sok mencari fitur unggulan dengan adanya 3D Touch ini.

Banyak pecinta teknologi seperti para blogger dan Youtuber tak menganggap adanya 3D Touch adalah sesuatu yang penting di iPhone, karena fungsi yang dianggap hampir mirip dengan tap-and-hold meski keduanya memiliki perbedaan signifikan.

Bertahun lalu, sudah banyak rumor bertebaran yang menyebut bahwa Apple akan membuang 3D Touch karena fungsi yang tidak dianggap penting serta biaya produksinya yang sebenarnya cukup mahal. Namun, para Apple Fanboy justru banyak yang mengekspresikan ketidaksenangannya akan hal ini.

Mengapa? Karena beberapa hal yang dibawa 3D Touch sebenarnya sangat berguna, dan juga sangat menarik. Terutama, adanya fitur ini membedakan antara iPhone dengan ponsel cerdas lainnya.

Berikut deretan alasan 3D Touch adalah salah satu fitur terbaik Apple, dilansir dari Phone Arena.

1. Menyenangkan Untuk Digunakan

Bagi mereka yang mencoba fitur 3D Touch untuk pertama kali, perasaan yang muncul tentu adalah perasaan bahwa ini adalah fitur yang cukup canggih dan menyenangkan. Pasalnya, animasi halus akan langsung merespons tekanan jari Anda berupa feedback yang muncul disertai efek getar dari Taptic Engine yang membuat keseluruhannya jadi pengalaman yang memuaskan.

Hal ini seakan-akan kita menekan tombol asli, padahal kita sekedar menyentuh layar dengan tekanan berbeda saja.

2. Kursor Keyboard

Salah satu keunggulan dari fitur 3D Touch adalah jika Anda menekan dengan keras keyboard iOS ketika Anda mengetik, Anda akan mendapatkan sebuah kursor layaknya di PC, sehingga Anda mendapatkan bentuk seperti mousepad di iPhone Anda. Anda tinggal menekannya lagi ketika kursor aktif, untuk menandai kata atau satu kalimat. Ini adalah fitur yang cukup intuitif, efektif, serta tentu menyenangkan.

Baca Juga:   Dampak FFP, PSG Segera Jual Neymar ke Real Madrid?

3. Fitur Peek and Pop

Fitur peek and pop memungkinkan Anda untuk melihat preview dari sebuah web atau email dengan menekan keras pada link atau di subyek email. Itulah mengapa fitur ini diberi nama Peek (intip).

Jika Anda memutuskan untuk ingin membaca lebih jauh, Anda bisa terus menekan lebih keras dan konten tersebut akan keluar dalam bentuk preview. Kemunculan ini yang disebut Pop karena ia muncul (pops). Di mode pop ini kontennya dapat Anda geser-seger untuk melihat isi kontennya secara kontekstual.

Tentu, hal ini sama sekali tak terganti oleh tap-and-hold biasa.

4. Gaming

Soal gaming secara mobile, bisa dibilang kontrolnya masih merupakan kendala. Meskipun para gamer sejati tentu tak akan mempermasalahkan hal teknis seperti kontrol pada gamenya, adanya 3D Touch di iPhone lebih memperbanyak input layar sentuh tanpa memperumit kontrol game.

Fitur ini dapat digunakan di beberapa game dan cukup efektif. Untuk game shooter, Anda tak perlu lagi mengangkat jari telunjuk Anda untuk mencari tombil menembak dan dengan canggung menembak cuma ke satu arah. Sentuhan 3D Touch memungkinkan Anda secara bebas mengarahkan dan menembak sesuka hati, hanya dengan menekan sedikit lebih keras lagi.