4 Janji yang Membuktikan Pemilik Liverpool Jauh Lebih Baik daripada Pemilik MU

REKANBOLA Liverpool benar-benar beruntung ketika tampuk kekuasaan berpindah ke tangan Fenway Sports Group (FSG) sembilan tahun lalu. Bos besar mereka John W Henry jelas lebih baik daripada keluarga Glazers, sang empunya Manchester United.

Menukil Express, sembilan tahun lalu Henry mendeklarasikan bahwa FSG datang untuk membantu Liverpool. Dia menyanyikan empat janji pokok, yang kemudian dipecah ke dalam beberapa target.

Semasa kepemimpinan FSG, Liverpool ditangani oleh empat pelatih berbeda, mencapai sejumlah final, dan menghabiskan jutaan poundsterling di bursa transfer. Semuanya demi mengembalikan kedigdayaan klub seperti sedia kala.

Perkembangan Liverpool

Proyek perkembangan Liverpool bukan sekadar janji. Musim lalu, The Reds nyaris menjuarai Premier League – hanya tertinggal satu poin dari Manchester City yang jadi juara.

Untungnya, kekecewaan itu terobati oleh trofi Liga Champions yang berhasil mereka dapatkan, trofi keenam untuk Liverpool. Di bawah bimbingan Klopp, Liverpool melangkah di jalur yang tepat.

Musim ini perkembangan itu masih berjalan, bahkan lebih baik. The Reds menorehkan awal musim sempurna di premier league dengan 24 poin dari 8 pertandingan, alias masih belum kalah.

Selain itu, Liverpool juga paling sedikit kebobolan. Perkembangan itu jelas terlihat di lini serang dan lini belakang.

4 Janji Ditepati

Ketika Henry mengambil alih Liverpool sembilan tahun lalu, ada empat janji utama yang dia tegaskan ke depan publik Liverpool. Janji-janji itu meliputi:

  • mengurangi utang klub yang dibuat pemilik sebelumnya,
  • mengembalikan kejayaan klub di dalam dan di luar lapangan,
  • bersaing merebut trofi,
  • dan mengembalikan kultur juara ke dalam klub.

Kini, empat janji tersebut benar-benar terbayar lunas. FSG bekerja keras untuk membuat klub kembali profit dari musim ke musim sekaligus bisa mendatangkan pemain-pemain top.

Baca Juga:   Hasil Liverpool Vs Napoli: The Reds Dipermalukan 0-3

Tentu, bukan hanya Jurgen Klopp yang patut dipuji dalam langkah Liverpool kembali ke kejayaan. Sebelumnya, ada Brendan Rodgers yang berjasa besar. Dia nyaris mempersembahkan trofi Premier League untuk publik Liverpool.

Klopp memang luar biasa penting, mungkin pelatih terbaik yang pernah menangani Liverpool. Namun, tetap saja Klopp meneruskan pekerjaan Brendan Rodgers.

MU Bertolak Belakang

Kondisi positif Liverpool itu jelas bertolak belakang dengan Manchester United. Sudah bertahun-tahun, keluarga Glazers dan Ed Woodward tidak pernah mendapatkan kepercayaan fans.

Mereka dinilai sengaja memanfaatkan MU untuk mengeruk uang sebanyak mungkin – yang memang benar bisa dilakukan. Namun, MU merosot dengan pasti, terpuruk kian dalam, mungkin karena salah pemilik.