5 Negara Dengan Pemerintahan Terbaik di Dunia

REKANBOLA – Setiap negara akan memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda untuk memajukan bangsanya, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, banyak warga Indonesia yang membandingkan sistem pemerintahan RI dengan negara-negara lain yang lebih maju.

Dikutip dari BBC, beberapa lembaga internasional seperti World Justice Project dan World Bank sudah melakukan riset dan membuat ranking negara dengan pemerintahan terbaik. Yang dinilai ada tiga aspek yaitu pengambilan kebijakan sosial, tingkat kepercayaan, dan aturan hukum paling efektif.

Berikut 5 negara dengan pemerintahan terbaik di dunia

Denmark

Poin penting yang bikin Denmark jadi salah satu negara dengan pemerintahan terbaik adalah keberhasilannya memenuhi kebutuhan kesehatan, nutrisi, pendidikan dasar, dan juga komunikasi warganya. Tidak hanya buat penduduknya aja sih, semua orang yang tinggal di Denmark akan mendapat fasilitas itu.

Uniknya, orang Denmark juga punya kepercayaan yang tinggi antar warganya. Misalnya kalau izin sakit dan tidak bisa masuk kantor, tidak perlu pakai surat dokter. Anda cukup bilang ke atasan, dan mereka sudah pasti percaya dan akan memberi izin.

Selandia Baru

Negara ini memberikan perlakuan khusus bagi para lanjut usia (lansia). Ketika warganya masuk usia 65 tahun, pemerintah akan memberi tunjangan dengan nilai yang besar tanpa peduli latar belakangnya. Tidak hanya itu, Selandia Baru adalah negara pertama yang memberikan hak pilih kepada perempuan di tahun 1893.

Kanada

Negara ini paling stabil soal urusan politik, bahkan paling jarang ada terorisme atau kekerasan. Ini dikarenakan penduduk Kanada cenderung bisa menerima perbedaan. Persoalan yang sering jadi perbedebatan seperti hak pilih wanita serta LGBTQ sudah bukan jadi hal besar. Selain itu, soal nutrisi, kesehatan, pendidikan dasar, dan hak asasi manusia juga terpenuhi dengan baik.

Baca Juga:   Ekspor Indonesia Oktober 2018 USD 15,80 Miliar, Naik 5,87 Persen Dari September

Jepang

Negara Jepang memang terkenal sebagai negara maju yang teratur, sehingga tak heran menjadi salah satu negara dengan pemerintahan terbaik. Kebutuhan dasar termasuk sanitasi semua terpenuhi dengan layak. Meski asuransi kesehatan termasuk mahal dan berdasarkan pendapatan, tapi penduduknya bisa ke dokter kapan saja tanpa takut biaya. Selain itu, kekuatan utamanya terletak pada sistem pendidikannya yang baik.

Prinsip negara Botswana tentang menyelesaikan pertikaian dengan solusi, bukan berperang, membuatnya jadi negara di Afrika yang pemerintahannya paling baik. Pencegahan korupsinya termasuk yang paling baik karena mereka punya badan sendiri yang mengurusi itu, mirip KPK di Indonesia.

Hebatnya, pendapatan dari pertambangan berlian didistribusikan secara adil ke seluruh negara. Jadi semua orang bisa menikmati hasil kekayaan alamnya. Warganya juga terbuka dan suka berdiskusi untuk menyelesaikan masalah.