5G di Kota Tua Sudah Tahap Finalisasi

Rekanbola – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan uji coba teknologi 5G di Kota Tua sudah dalam tahap finalisasi. Uji coba tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan XL Axiata.

Ditemui di sela-sela acara XL Future Leaders di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Sandiaga mengatakan pengujian jaringan generasi kelima tersebut akan menandakan pihaknya bisa menggelar teknologi kelas dunia.

“Rencana kita launch di Kota Tua selama Asian Games. Jadi, finalisasi sudah dilakukan,” ucap Sandiaga, Selasa (24/7/2018).

Saat uji coba tersebut, Pemprov DKI Jakarta dan XL Axiata akan menggunakan teknologi WiGiC yang menjanjikan kecepatan internet jauh lebih baik dari jaringan 4G yang ada saat ini.

Meski dalam rangka uji coba, Sandiaga berharap 5G ini bisa jadi percontohan wilayah lain di Jakarta, mengingat ini adalah teknologi kelas dunia yang masih dikembangkan di berbagai negara.

“Kita hadirkan koneksi kelas dunia yang akan memacu kreativitas anak-anak bangsa. Saya harapkan industri kreatif yang berbasis teknologi dan digital (dapat memanfaatkan 5G),” ucap dia.

Saat ditanya teknologi apa yang akan dikembangkan melalui pemanfaatan uji coba 5G ini, Sandiaga mengatakan hal itu akan dibeberkan XL sebagai penyelenggara telekomunikasi, sementara Pemprov DKI Jakarta bertindak sebagai penyedia infrastruktur.

“XL yang akan sampaikan fiturnya. Kita siapkan infrastrukturnya karena konten murni kreasi anak muda. Infrastrukur yang dimaksud, seperti pool menggunakan PJU atau pool yang dikelola berbagai dinas dan badan aset daerah,” tuturnya.

Saat menanyakan proses uji coba 5G ke XL, operator seluler yang identik dengan warna biru ini menolak untuk berkomentar lebih detail.

 

( Sumber : detik.com )